9 Ide Konten TikTok yang Bisa Anda Coba

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
Photo by Olivier Bergeron on Unsplash

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk scale content marketing Anda adalah dengan mulai membuat video pendek dan memanfaatkan TikTok. Seperti yang Anda ketahui, tren video pendek ini sudah berlangsung selama bertahun-tahun, diikuti dengan pengguna TikTok yang kian meningkat. Rasanya sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan konten TikTok ini sebagai strategi content marketing brand Anda.

Perlu diingat bahwa TikTok sangat mengandalkan sesuatu yang trending. Baik itu musik, filter, template, ataupun jenis kontennya. Anda perlu memutar otak untuk menghasilkan konten yang menarik perhatian audiens. Untuk mempermudah Anda, kamu sudah menyediakan 9 ide konten TikTok yang bisa Anda produksi.

9 ide konten TikTok yang bisa Anda coba

Ketika Anda memutuskan untuk memanfaatkan TikTok sebagai media berbisnis, Anda dituntut untuk selalu berpikir kreatif untuk menghasilkan konten yang menghibur, unik, dan memiliki nilai. Ditambah lagi dengan banyaknya kompetitor di industri ini. Namun, jangan khawatir! Ini dia beberapa ide konten TikTok yang bisa Anda buat untuk mencapai goals brand Anda.

  • Tutorial menggunakan produk

Anda menjual produk? Produk apapun yang Anda jual, Anda bisa membuat tutorial penggunaannya sebagai konten TikTok. Konten seperti ini memberikan informasi yang berharga untuk audiens Anda. 

Ketika mereka tidak tahu cara menggunakan produk tertentu, mereka bisa membuka akun Anda dan menemukan tutorial yang mereka butuhkan. Maka, mereka akan menganggap akun Anda sebagai akun yang informatif. Jika Anda terus memberikan konten yang relevan dengan kebutuhan audiens, maka besar kemungkinan mereka akan follow TikTok Anda.

  • Tips dan trick

Ide konten lainnya yang bisa Anda coba adalah tips dan trik. Tidak perlu selalu mengenai penggunaan produk, tetapi bisa berupa hal-hal yang berhubungan dengan produk atau brand Anda. Misalnya, jika Anda bergerak di bidang marketing, maka Anda bisa memberikan beberapa tips terkait hal itu.

Membuat video di TikTok juga tidak sulit. Anda bisa memanfaatkan berbagai fitur untuk memproduksi video yang menarik. Tambahkan teks dan musik yang trending agar video Anda menjangkau lebih banyak orang. 

  • Product launching

Di mata customer, akan aneh rasanya jika tiba-tiba ada produk baru tanpa perkenalan sebelumnya. Coba tempatkan diri Anda sebagai customer. Jika Anda berjalan di mall, lalu ada seseorang yang menawarkan produk yang sama sekali belum pernah Anda lihat, tentunya Anda akan kebingungan. Namun, bagaimana jika produk yang ditawarkan tersebut sudah pernah Anda lihat sebelumnya di TikTok? Tentu Anda tidak akan merasa asing, bahkan mungkin punya ketertarikan lebih besar untuk membeli produk tersebut.

Inilah fungsinya membuat konten TikTok mengenai product launching. Anda bisa memberikan sneak peak mengenai produk baru yang memancing rasa penasaran customer. Selain itu, Anda juga bisa menunjukkan performa dari produk tersebut yang membuat mereka ingin ikutan mencobanya.

Konten TikTok mengenai product launching ini juga bisa Anda tingkatkan dengan mengajak customer merasakan journey Anda dalam merancang produk baru. Caranya dengan membuat konten behind the scene, atau cerita perjalanan Anda dalam membuat produk tersebut. Ini bisa membuat Anda lebih dekat dengan customer, sekaligus menimbulkan rasa percaya pada benak mereka.

  • Konten edukasi

Contoh konten lainnya adalah konten edukasi. Anda pasti sudah pernah menonton konten seperti ini di TikTok. Ya, konten ini bisa menjadi konten bernilai tinggi sebab setiap orang membutuhkan edukasi akan hal tertentu. Ramai atau tidaknya konten Anda bergantung dari topik yang Anda angkat dan jumlah audiens yang tertarik dengan konten tersebut.

Jika audiens tertarik dengan topik konten edukasi yang Anda buat, mereka tidak akan ragu untuk terus mengikuti update konten Anda. Namun, Anda juga perlu memperhatikan tampilan videonya. Karena ini konten edukasi, beberapa orang mungkin akan merasa bosan. Pastikan Anda membungkusnya dengan menarik, menyisipkan jokes, gambar, atau video pelengkap agar video tidak tampak monoton.

@penulisdotid

Menurut 35 brand yang kami wawancarai, influencer itu penting. Tapi, pelanggan berkata lain! Baca informasi selengkapnya di anakmarketing.com! #PenulisID #ContentMarketing #Ramadan #ramadhancampaign

♬ Puasa Yok! – DJ Keblinger$
  • A day in my life

Konten A Day in My Life merupakan konten TikTok yang kerap kali trending. Jenis konten yang satu ini biasanya berupa vlog seseorang yang membawa audiensnya melihat bagaimana kehidupan yang mereka jalankan dalam satu hari. Misalnya, mulai dari bangun tidur, kegiatan di pagi hari, pergi ke cafe untuk bekerja, memasak, dan lain sebagainya.

Jangan ragu untuk membuat konten serupa! Untuk brand, konten ini bisa sedikit dimodifikasi. Contohnya seperti “A day in my life as a content creator”. Nah, di konten ini, Anda bisa mengajak audiens untuk mengikuti kegiatan Anda dalam satu hari sebagai seorang content creator. Mulai dari siap-siap bekerja, membuat content plan, syuting TikTok, dan lain-lain.

@vmuliana

Reply to @vmuliana beginilah kira2 #adayinmylife pas WFH, sehat2 selalu ya semua nya! #seethebeautyineverydaythings #scarlettwhitening

♬ Relaxed everyday loop BGM – Milk
  • Life at….

Selain konten A Day in My Life, konten kehidupan karyawan juga menarik banyak perhatian audiens TikTok. Rupanya, banyak orang yang “kepo” dengan bagaimana para karyawan ini menjalankan kegiatannya di kantor!

Konten seperti ini membawa dampak yang baik untuk brand maupun perusahaan. Sebab, Anda harus menunjukkan kepada audiens bagaimana rasanya bekerja di perusahaan Anda. Melalui konten ini, Anda bisa menunjukkan pekerjaan yang sedang dikerjakan, hubungan dengan teman kantor, hingga fasilitas kantor. Menariknya, konten ini bisa dijadikan series, seperti contoh di bawah ini.

@dekodennis

Setuju ga min? @Shopee Indonesia Kalo anak Shopee sih pasti setuju ? — #lifeatshopee #gyukaku #shopee #scbd #tiktoktainment #foodvlog #foryou

♬ Fortune Cookie in Love – JKT48
  • Behind the scene

Banyak orang yang penasaran akan bagaimana suatu produk bisa dibuat. Nah, Anda bisa menjawab rasa penasaran mereka dengan membuat konten behind the scene. Tidak hanya mengenai pembuatan produk, tapi bisa juga behind the scene pembuatan konten TikTok atau jenis video lainnya.

Karena biasanya tertutup, konten behind the scene memiliki daya tarik tersendiri bagi audiens. Rasanya seperti diberitahukan sebuah rahasia!

  • Dance challenge

TikTok adalah pusatnya konten-konten hiburan. Salah satu jenis konten yang selalu menarik dan menghibur adalah dance challenge. Tidak hanya bisa dilakukan oleh user individu, brand juga bisa membuat konten ini, lho!

Mengikuti dance challenge yang sedang trending bisa membantu konten Anda dilihat oleh lebih banyak orang, karena memang seperti itulah cara kerja algoritma TikTok. Sedikit tips untuk Anda, ajaklah teman kerja Anda untuk membuat konten ini. Selain membantu meningkatkan visibility akun TikTok, Anda juga bisa menunjukkan lingkungan kerja yang asyik.

  • Office tour

Konten satu ini bisa menjadi salah satu cara untuk mengakrabkan diri dengan audiens. Ini seperti mengajak tamu untuk berkeliling di rumah Anda. Tentunya, mereka akan merasa disambut dengan baik, bukan?

Ini juga bisa Anda terapkan dengan membuat konten office tour. Perlihatkan ruangan-ruangan di kantor Anda serta jelaskan fungsi ruangan tersebut. Anda juga bisa menunjukkan di mana tempat Anda bekerja, serta memberikan sneak peak pekerjaan tim di kantor Anda.

Itulah 9 ide konten TikTok yang menarik untuk dicoba. Dengan adanya TikTok sebagai platform video yang populer saat ini, mungkin membuat Anda berpikir untuk mulai scaling konten social media demi menjangkau target audiens yang lebih luas. Jangan ragu untuk mempercayakan hal tersebut kepada Penulis.ID, agensi content marketing yang bisa menjadi pilihan untuk Anda yang ingin scale konten TikTok!

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ivanka Veronica

Senior Content Creator at Penulis.ID

Latest posts by Ivanka Veronica (see all)