Patut Dicoba, Ini Cara Branding Produk Lewat Konten Social Media

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
Photo by MK +2 on Unsplash

Ketika berbicara soal branding, media sosial adalah tempat yang tepat untuk membangun branding yang kuat. Menelusuri media sosial, Anda bisa melihat beragam branding yang dibangun oleh perusahaan. 

Tidak dapat dipungkiri, ada tren yang sedikit banyak memengaruhi bagaimana cara perusahaan membangun brandingnya. Mulai dari storytelling, hingga mengangkat isu sosial, perusahaan berusaha menarik perhatian target audiensnya dengan branding yang unik. Namun, bagaimana cara branding produk yang tepat lewat social media? Temukan jawabannya pada artikel di bawah ini.

Cara branding produk lewat konten social media

Untuk menjual produk, Anda membutuhkan strategi penjualan yang tepat. Saat ini, memanfaatkan media sosial bisa menjadi solusi yang baik. Media sosial bisa dimanfaatkan sebagai tempat untuk branding produk Anda. Namun, pastikan Anda membuat perencanaan yang baik. Untuk membantu Anda, ikuti beberapa cara branding produk lewat konten social media berikut ini. 

  • Kenali audiens 

Hal paling dasar yang perlu Anda lakukan untuk branding produk lewat konten di social media adalah dengan mengenali audiens Anda terlebih dahulu. Ini adalah dasar dari setiap konten yang akan Anda buat kedepannya.

Tentukan audiens dari produk yang Anda pasarkan. Contohnya, jika Anda ingin memasarkan produk olahraga, maka salah satu audiens yang bisa Anda targetkan adalah orang-orang yang sedang melakukan diet.

Dengan menentukan target audiens sejak awal, langkah untuk membangun branding produk akan lebih mudah. Mulai dari brand voice, desain, jenis konten, hingga strategi pemasaran bisa disesuaikan dengan target tersebut. 

  • Pilih platform yang tepat

Saat ini Anda diperhadapkan dengan begitu banyak pilihan social media dengan audiens yang berbeda, serta format konten yang berbeda pula. Di sinilah Anda harus cermat dalam menentukan platform social media mana yang paling tepat untuk branding produk Anda.

Untuk memilih mana social media yang tepat, Anda bisa memanfaatkan informasi target audiens yang sudah Anda dapatkan. Misalnya, jika target audiens Anda kebanyakan adalah Gen Z, platform seperti Instagram atau TikTok bisa jadi pilihan yang tepat. 

Anda juga bisa mempertimbangkan jenis produk yang Anda jual sebagai dasar dari pemilihan platform. Jika Anda menjual peralatan olahraga, kira-kira konten seperti apa yang akan menarik perhatian calon pembeli? Tentu pembeli ingin melihat bagaimana cara menggunakan peralatan tersebut, sehingga konten berbentuk video bisa menjadi jawaban atas keinginan target audiens Anda. Nah, dari analisis ini, pilihlah platform yang memang terbaik dalam menyebarkan konten video, baik itu TikTok, Reels, ataupun YouTube.

  • Fokus pada konten visual

Cara branding produk lainnya yang perlu Anda lakukan adalah fokus pada konten berbentuk visual. Melihat social media saat ini yang begitu fokus pada gambar dan video, sangat disayangkan jika Anda tidak memanfaatkan hal ini.

Buatlah visual semenarik mungkin. Anda bisa memulainya dari logo, warna, packaging produk, hingga desain konten. Desain yang menarik bisa membuat audiens melihat lebih lama pada konten Anda dan mempelajari produk yang Anda promosikan.

  • Pertimbangkan untuk membuat konten video

Seperti yang sudah disebutkan pada poin sebelumnya, fokus utama social media saat ini adalah konten berbentuk visual, termasuk video. Ditambah lagi dengan munculnya format video pendek, membuat siapapun bisa memproduksi konten video. Nah, Anda bisa memanfaatkan tren ini sebagai cara branding produk.

Perlu diperhatikan bahwa mengetahui video yang sedang trending juga menjadi salah satu hal yang penting. Dengan begitu, video Anda bisa menarik perhatian banyak orang. Jenis konten video yang bisa Anda buat pun beragam. Anda bisa menyesuaikannya dengan produk yang Anda punya.

Mari kembali ke contoh produk peralatan olahraga di atas. Dengan satu jenis produk ini saja, Anda bisa membuat berbagai jenis video. Contohnya, video tutorial menggunakan peralatan olahraga untuk memberikan informasi kepada audiens Anda bagaimana alat ini seharusnya digunakan. Selain itu, Anda bisa membuat video wawancara atau testimoni orang yang sudah pernah menggunakan produk tersebut. Dengan video ini, Anda bisa memunculkan rasa percaya customer pada produk Anda.

Agar konten lebih beragam, variasikan jenis kontennya. Jangan hanya terpaku pada video tutorial atau video wawancara saja. Kombinasikan dengan format lain, misalnya menggunakan template animasi yang sedang trending, atau membuat video lucu yang mempromosikan produk Anda secara lebih halus.

  • Buatlah konten yang berkualitas dan bernilai

Ketika Anda membuat orang yang melihat atau menonton konten Anda di social media, Anda mengambil beberapa waktu mereka. Sebagai balasan atas waktu yang sudah mereka berikan untuk melihat konten Anda, berikanlah nilai yang berharga lewat konten tersebut.

Nilai dari sebuah konten bermacam-macam. Bisa berupa edukasi, bisa juga berbentuk hiburan. Tugas Anda adalah memikirkan bagaimana nilai tersebut bisa dibungkus ke dalam konten yang berkualitas.

Kualitas konten tidak hanya soal visual yang menarik atau gambar yang berkualitas tinggi, tetapi juga bagaimana konten tersebut bisa mempengaruhi seseorang dan membuat mereka tetap menjadi followers Anda di social media. Jika Anda mampu menerapkan hal ini, maka cara branding produk di social media Anda bisa berhasil.

  • Berinteraksi dengan audiens

Social media adalah ruang untuk berinteraksi. Ini juga berlaku untuk brand apapun. Di sini, Anda bisa berinteraksi dengan followers dan membangun hubungan yang erat dengan mereka. Hal ini bisa menambah nilai pada branding Anda karena dianggap sebagai perusahaan yang ramah dan dekat dengan customer-nya. Tentunya, hal ini akan berujung pada peningkatan loyalitas customer. Mereka akan terus kembali kepada Anda, bahkan mempromosikan produk Anda kepada orang-orang di sekitarnya.

  • Konsisten posting konten

Salah satu kunci dari strategi social media yang sukses adalah konsisten mengunggah konten. Ini juga perlu dilakukan untuk branding produk Anda. Dengan rutin mengunggah konten yang relevan dengan audiens, Anda bisa meningkatkan brand awareness dan kepercayaan customer terhadap produk Anda.

Selain itu, posting konten secara rutin juga bisa meningkatkan brand visibility Anda. Sebab, konten yang baru diunggah lebih mudah dilihat customer. Namun, perlu diperhatikan pula jam posting kontennya. Pastikan Anda mengunggah konten di jam aktif followers Anda.

Itu dia tujuh cara branding produk lewat konten di social media  yang bisa Anda terapkan untuk kemajuan bisnis Anda. Saat ini, social media seakan-akan menjadi pusat dari kegiatan marketing. Setiap brand berlomba-lomba scaling content mereka untuk menargetkan lebih banyak audiens di media sosial. Apakah Anda salah satunya? Jika Anda membutuhkan bantuan untuk scaling content production, jangan ragu untuk bekerja sama dengan Penulis.ID. Tim kami siap membantu kebutuhan Anda.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ivanka Veronica

Senior Content Creator at Penulis.ID