Mari Pahami Cara Kerja SEO Secara Sederhana

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Di era digital ini, marketing online yang kuat merupakan salah satu kunci keberhasilan untuk sebuah bisnis. Bersaing dengan jutaan website, penting bagi website brand Anda untuk bisa menonjol dan terlihat oleh calon pelanggan. Di sinilah cara kerja SEO atau Search Engine Optimization dibutuhkan.

Bagi sebagian orang, SEO mungkin bukan lagi hal yang asing. Namun, masih banyak brand yang perlu memahami cara kerja SEO agar dapat menerapkannya dengan efektif dan efisien. Dalam artikel ini, kami tidak hanya akan membahas mengenai cara kerja SEO, tetapi kami juga akan mengupas strategi SEO yang bisa Anda terapkan. 

Apa itu SEO?

Search Engine Optimization (SEO) adalah praktik mengoptimalkan website atau halaman web untuk mendapat peringkat lebih tinggi di halaman hasil mesin pencari (Search Engine Result Page/SERP). SEO melibatkan berbagai teknik dan strategi untuk meningkatkan relevansi dan pengalaman pengguna website untuk menarik lebih banyak traffic organik. Mesin pencari seperti Google, Bing, dan Yahoo menggunakan algoritma kompleks untuk crawling dan indexing halaman web dan menentukan relevansinya dengan permintaan pencarian tertentu. Crawling dan indexing sendiri merupakan cara kerja SEO yang akan dibahas di poin selanjutnya.

Ada dua kategori utama SEO: On-page optimization dan Off-page optimization. Sesuai namanya, on-page optimization adalah pengoptimalan pada halaman yang melibatkan pengoptimalan konten, struktur, dan kode HTML website atau halaman web agar lebih mudah diakses dan relevan dengan search engine. Hal ini juga termasuk dalam mengoptimalkan tag judul, meta description, tag header, link internal, dan konten website.

Sementara itu, Off-page optimization melibatkan pembuatan link eksternal dan mempromosikan website atau halaman web, blog, dan platform media sosial lain untuk meningkatkan visibilitas dan kredibilitas website.

Manfaat SEO

Dari penjelasan mengenai apa itu SEO, mungkin Anda sudah memiliki sedikit bayangan mengenai pentingnya menerapkan SEO untuk website brand Anda. Namun, untuk lebih jelasnya, inilah beberapa manfaat yang bisa Anda dapatkan dengan menerapkan SEO.

  • Meningkatkan traffic website

Menurut sebuah studi oleh BrightEdge, pencarian organik mendorong 53% traffic website, menjadikannya sumber traffic website terbesar. Ini menunjukkan bahwa strategi SEO yang efektif dapat meningkatkan traffic website secara signifikan.

  • Meningkatkan user experience

Studi yang dilakukan oleh Google menemukan bahwa website yang memiliki kecepatan loading dalam waktu 5 detik membuat pengunjung menghabiskan waktu 70% lebih lama di website, dibandingkan dengan website yang lebih lambat. Tak hanya itu, pada 2020 lalu, Google menyarankan website untuk memiliki loading speed di bawah 2,5 detik untuk bisa memberikan pengalaman pengguna yang baik.

  • Meningkatkan konversi

Dengan menarik lebih banyak traffic yang sudah lebih ditargetkan dan meningkatkan pengalaman pengguna, SEO dapat meningkatkan tingkat konversi, menghasilkan pendapatan dan profitabilitas yang lebih tinggi untuk bisnis. 

Sebuah studi menunjukkan bahwa prospek SEO memiliki tingkat keberhasilan hingga 14,6%. Sebagai perbandingan, tingkat keberhasilan prospek yang didapatkan dari marketing tradisional seperti iklan cetak hanya sekitar 1,7%.

  • Menghemat biaya

Jika dibandingkan dengan strategi digital marketing lainnya, seperti PPC (Pay-per-click), SEO cenderung lebih hemat biaya dan bisa memberikan keuntungan jangka panjang untuk bisnis Anda.

Cara Kerja SEO

SEO merupakan proses berkelanjutan yang memerlukan pemantauan, analisis, dan pengoptimalan rutin. Sebab, algoritma search engine terus diperbarui. Strategi yang Anda terapkan sekarang belum tentu bisa berhasil beberapa bulan kemudian. 

Untuk memahami SEO lebih lanjut, penting untuk mengetahui cara kerja SEO. Pada dasarnya, SEO bekerja dengan meningkatkan visibilitas dan relevansi website Anda dengan search engine. Hal ini akan membuatnya lebih mudah untuk crawl, index, dan rank halaman website Anda. 

1. Crawling

Crawling adalah proses di mana search engine menemukan dan membaca konten di website Anda. Mesin pencari menggunakan program yang disebut crawler atau spider untuk mengunjungi dan menganalisis situs web, mengikuti tautan dari satu halaman ke halaman lainnya. Crawler ini mengumpulkan informasi tentang situs web Anda, termasuk struktur, konten, dan metadata situs Anda.

2. Indexing 

Indexing adalah proses di mana search engine menyimpan dan mengatur informasi yang telah mereka kumpulkan dari proses crawling. Informasi ini disimpan dalam database besar yang disebut indeks. Saat pengguna melakukan penelusuran, search engine menggunakan indeks untuk mencocokkan halaman yang relevan dengan kata kunci pencarian. Untuk memastikan bahwa situs web Anda diindeks dengan benar, Anda dapat menggunakan teknik seperti mengoptimalkan konten Anda, termasuk kata kunci dan tag meta yang relevan, dan menggunakan markup data terstruktur.

3. Ranking

Cara kerja SEO yang terakhir adalah menentukkan urutan untuk menampilkan hasil pencarian, atau Ranking. Mesin pencari menggunakan algoritma yang memperhitungkan banyak faktor berbeda untuk menentukan relevansi setiap halaman di situs web Anda. 

Faktor-faktor ini mencakup hal-hal seperti kepadatan kata kunci, kecepatan memuat halaman, dan metrik engagement pengguna. Untuk meningkatkan peringkat website Anda di halaman hasil pencarian search engine Anda dapat melakukan riset kata kunci, mengoptimalkan website Anda untuk perangkat mobile, dan membuat konten berkualitas tinggi yang bermanfaat dan relevan bagi audiens Anda.

Strategi SEO yang bisa diterapkan

Jika Anda sudah memahami tiga cara kerja SEO, saatnya membuat strategi penerapan SEO yang efektif. Setidaknya ada tiga strategi yang bisa Anda terapkan, yakni terkait teknis, konten, dan link website.

1. Teknis terkait website

Hal teknis terkait website mengacu pada aspek behind-the-scene yang dapat memengaruhi kinerja website di halaman hasil pencarian search engine. Ini termasuk elemen seperti arsitektur website, page speed, dan daya tanggap mobile

Untuk meningkatkan hal ini, Anda dapat berfokus pada teknik seperti mengoptimalkan kode website, mengompresi gambar dan video, serta memastikan bahwa situs web Anda mobile-friendly.

2. Buat konten berkualitas

Membuat konten yang berkualitas tinggi, bermanfaat, dan relevan adalah salah satu aspek terpenting dari SEO. Ini karena mesin pencari memprioritaskan situs web yang memberikan nilai bagi penggunanya. 

Untuk membuat konten berkualitas, ada baiknya jika Anda melakukan penelitian kata kunci untuk mengidentifikasi topik yang relevan dengan audiens Anda, membuat postingan blog yang menarik, informatif, dan mampu menjawab masalah pengguna, serta mengoptimalkan konten Anda dengan kata kunci dan meta tag yang relevan.

Dulu, backlink menjadi salah satu strategi SEO yang kerap diterapkan. Namun, Google menyatakan bahwa backlink relevansi backlink sudah menurun. Google menyarankan kepada setiap pemilik website untuk fokus menyediakan konten yang bernilai dan berkualitas untuk pengguna.Setelah mendalami mengenai cara kerja SEO dan strategi yang bisa diterapkan, terlihat bahwa ini adalah hal penting yang harus diterapkan setiap brand jika ingin memimpin persaingan di dunia digital. Namun, hal ini tidak mudah. Anda membutuhkan kemampuan teknis, kreativitas, hingga pembuatan strategi. Di sinilah Penulis.ID siap membantu untuk scaling konten SEO berkualitas tinggi untuk website Anda.

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ivanka Veronica

Senior Content Creator at Penulis.ID