7 Cara Kreatif Promosi YouTube Channel

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Di era digital saat ini, 6 dari 10 orang lebih suka menonton video online daripada menonton TV. Apalagi generasi milenial yang kerap menonton video YouTube yang merupakan mesin telusur terbesar kedua setelah Google. Mengunggah video di platform ini untuk mendulang rupiah juga telah banyak dilakukan. Namun, tak semuanya sukses mendapat banyak viewers dan subscribers. Bagaimana cara yang cerdas dan efektif untuk mempromosikan channel YouTube Anda? Inilah 7 cara kreatif promosi YouTube channel Anda yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.

 

Optimalkan mesin pencari (SEO)

Mengoptimalkan mesin pencari (SEO) adalah salah satu cara kreatif promosi YouTube channel. Lakukan optimisasi SEO untuk profil YouTube, chanel dan video yang Anda unggah. Cara inilah yang akan membuat konten Anda dapat ditemukan dalam peringkat pencarian dan meningkatkan peringkatnya di search engine. Algoritme YouTube mengambil beberapa item untuk hasil pencarian, jadi sertakan informasi sebanyak mungkin. Ketahui kata kunci yang sesuai dan sertakan dalam judul video, nama file, deskripsi, tag, anotasi, dan bidang yang relevan di profil Youtube Anda.

Tidak yakin kata kunci apa yang ingin Anda gunakan? Lakukan reverse engineering pada proses pencarian. Jika seseorang ingin menonton video di YouTube, kata atau frasa apa yang akan mereka gunakan dalam pencarian Google untuk menemukannya? Masukkan kata kunci dalam judul, deskripsi meta, dan file gambar. Selain itu tautkan video di sosial media Anda lainnya dan buat playlist yang kaya akan kata kunci, sehingga dapat memberi informasi lebih dalam tentang topik video Anda.

 

Buat judul video yang bagus

Judul adalah hal pertama yang akan dilihat seseorang. Jadi supaya promosi Youtube bagus, judul video Anda harus informatif dan menarik perhatian. Berikut ini beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan saat membuat judul:

Keep it simple. Hindari kalimat yang panjang, judul yang baik adalah judul yang pendek dan langsung ke intinya. Google biasa memotong judul halaman pada 66 karakter, jadi apa pun di luar itu akan terpotong dalam hasil pencarian.

– Lakukan riset kata kunci. Gunakan alat seperti perencana kata kunci Google Adwords untuk memakukan satu atau dua frase kata kunci yang relevan untuk dimasukkan dalam judul Anda. Hal ini akan membantu meningkatkan peringkat video Anda dalam hasil pencarian.

-Sertakan informasi utama dalam judul Anda. Beri tahu audiens bagaimana mereka akan mendapat manfaat dengan meluangkan waktu untuk melihat konten video Youtube Anda.

 

Buat thumbnail YouTube yang jelas dan menarik

Thumbnail adalah preview video yang tampil sebagai gambar default. Pastikan thumbnailnya besar, sejelas mungkin dan berkualitas tinggi. Thumbnail juga harus secara akurat mewakili konten video. Yang paling penting adalah gambarnya menarik perhatian dan efektif. Contohnya: close up dan dekat dengan wajah, text overlay, background berwarna cerah, tasteful branding dan kontras dengan objek sekitar. Meskipun YouTube secara otomatis akan menghasilkan opsi preview gambar ketika Anda mengunggah video, cara terbaik adalah tetap membuat thumbnail khusus. Berikut ini beberapa spesifikasi untuk membantu Anda memastikan mengunggah thumbnail terbaik untuk video Anda:

– Memiliki resolusi 1280 × 720 (dengan lebar minimum 640 piksel)

– Unggah gambar dengan format seperti .JPG, .GIF, .BMP, atau .PNG

– Ukuran thumbnail di bawah batas 2 MB

– Gunakan rasio aspek 16:9 karena rasio ini yang paling sering digunakan di preview YouTube

Sertakan sebanyak mungkin informasi di profil YouTube Anda

Berikut ini beberapa kiat untuk membuat profil yang menarik dan akan membantu promosi Youtube, menarik viewers dan subscribers.

– Tetap konsisten. Meskipun Anda dapat mengkreasikan banyak hal untuk menyesuaikan tampilan halaman profil YouTube, pastikan bahwa Anda memiliki ciri khas. Misalnya warna, latar belakang, logo, ikon, dan tata letak. Buat sekonsisten mungkin di social channel dan situs web Anda.

– Optimalkan deskripsi channel YouTube. Channel YouTube dan judul video harus deskriptif dan optimal untuk pencarian. Lakukan penelitian kata kunci untuk membantu meningkatkan peringkatnya. Ajak, hibur, dan tunjukkan sesuatu yang belum pernah audiens lihat. Gunakan juga deskripsi untuk menetapkan jadwal, kapan dan seberapa sering Anda mengunggah video baru? Beri tahu audiens agar mereka dapat menonton lagi dan terus mengikuti jadwal Anda.

– Sertakan tautan kontak. Pastikan orang-orang menonton video Anda bisa menghubungi Anda dengan cara lain. Permudah mereka untuk mengirimi Anda feedback, mengajukan pertanyaan, atau membuat pertanyaan. Tautkan ke situs web Anda serta platform media sosial Anda lainnya, dan sertakan email kontak.

 

Manfaatkan email marketing

Cara kreatif lainnya yang dirangkum tim Prnulis.ID untuk promosi YouTube channel Anda yaitu manfaatkan email marketing. Publikasikan video dan pastikan audiens tahu kapan Anda memposting konten baru. Salah satu cara untuk menyampaikan pembaruan bisa melalui email marketing karena email dapat digunakan untuk menjangkau viewers. Berikut ini cara agar Anda dapat menjangkau subscriber melalui email:

– Daftar email yang ada: Bila sudah memiliki daftar subscriber email, beri tahu mereka tentang saluran YouTube Anda dan setiap kali Anda mempublikasikan video baru.

– Playlist Intro dan outro. Sertakan playlist intro dan outro dan beri tahu audiens untuk berlangganan. Arahkan mereka untuk mengklik tautan dalam deskripsi video. Minta audiens untuk berlangganan daftar email Anda.

 

Aktif di komunitas

Cara kreatif selanjutnya yang untuk promosi YouTube channel Anda yaitu cobalah untuk aktif di komunitas. Membuat konten video secara reguler tidaklah cukup bila tidak secara aktif melibatkan audiens.Saat audiens meluangkan waktu untuk mengomentari video Anda, luangkan waktu pula untuk membalas. Berinteraksilah dan jawab semua pertanyaan. Audiens akan lebih cenderung engage jika tahu mereka akan mendapat balasan.

Anda harus aktif dalam komunitas yang banyak terdapat di YouTube. Temukan komunitas yang tepat untuk channel Anda dan subsccribe channel lain. Tinggalkan komentar dan feedback tentang video dan bagikan apa pun yang mungkin berguna bagi audiens dan Anda sendiri.Mempromosikan channel lain dan berpartisipasi dalam komunitas akan membuat Anda terlihat sebagai YouTuber aktif dan sehingga viewers Anda akan memperhatikan.

 

Iklankan channel YouTube Anda

Cara kreatif lainnya yang untuk promosi YouTube channel Anda yaitu melalui iklan. Untuk menjangkau audiens baru, cobalah opsi periklanan YouTube.

Gunakan iklan dengan AdWords untuk video dan pastikan untuk membuat iklan yang benar-benar sesuai dengan target audiens Anda. Berikut ini beberapa kiat untuk memandu Anda:

– Gunakan iklan singkat (30 hingga 60 detik) dan manfaatkan lima detik pertama untuk membuat mereka terus menonton.

Gunakan ajakan call to action (CTA) untuk memberi tahu audiens apa yang harus mereka lakukan selanjutnya, seperti subscribe channel YouTube Anda, sign up ke  email list, atau bagikan video Anda.

– Jangkau audiens baru dengan target penempatan dan target kategori minat.

– Gunakan format TrueView, iklan TrueView In-display muncul sebagai thumbnail dan teks YouTube di sisi kanan video yang disarankan dan disarankan oleh audiens. Dengan format ini, Anda dapat membayar biaya per tampilan dan hanya dikenakan biaya saat pengguna mengklik iklan dan mulai menonton video Anda. Iklan in-display adalah cara yang bagus untuk mempromosikan video Anda.

 

Itu dia 7 cara kreatif promosi YouTube channel Anda yang telah dirangkum oleh tim Penulis.ID.Semoga artikel yang disusun tim Penulis.ID ini bisa menginspirasi Anda untuk membuat konten video baru ataupun meyusun strategi baru untuk channel Youtube yang Anda punya.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID