5 Kumpulan Caption Instagram yang Bagus

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Banyak sekali akun Instagram yang mempunyai followers puluhan ribu sampai ratusan ribu, tetapi sangat jarang menuliskan caption Instagram. Memang Instagram adalah salah satu media sosial yang fokus dalam foto yang baik, sedangkan untuk urusan caption Instagram bisa dibilang menjadi fokus nomor dua setelah foto. Apakah Anda sebagai pemilik brand harus melupakan caption?

Jawabannya adalah tidak, apalagi jika Anda adalah seorang brand. Ada beberapa alasan mengapa jika sebuah brand harus memikirkan sebuah caption Instagram yang bagus. Pertama adalah caption bisa mencerminkan Anda sebagai pemilik brand, dengan begini bisa membangun persona di followers Anda. Bisa dibilang, selain foto Anda bisa membangun persona melalui caption. Alasan kedua adalah sebuah caption menjadi salah satu cara untuk Anda dalam meningkatkan engagement. Dengan terbatasnya sebuah gambar, Anda bisa menuliskan informasi secara lengkap di caption.

Kemudian alasan terakhir untuk Anda agar tidak meremehkan caption adalah caption yang baik akan membuat brand awareness. Mungkin Anda sendiri sering membuka Instagram dan melakukan scroll, terkadang Anda berhenti karena tertarik dengan caption bukan? Jadi bisa dibilang, caption ini bisa menjadi kekuatan yang sempurna untuk meningkatkan brand awareness.

Di dalam artikel kali ini tim Penulis.ID akan mengajak Anda untuk bagaimana sih membuat caption Instagram yang bagus. Ketika Anda sudah berusaha keras membeli kamera dan mengetahui cara mengambil foto yang bagus, sekarang saatnya Anda melengkapi dengan membuat caption Instagram yang bagus. Simak contoh 5 caption yang bagus berikut ini.

 

Buat cerita

Salah satu cara yang sempurna untuk menarik engagement adalah dengan membuat cerita. Bagaimana caranya? Padahal Anda sebuah brand? Cara pertama adalah Anda bisa menuliskan kisah dari salah satu karyawan Anda atau bahkan cerita Anda sendiri. Misalnya di balik layar pembuatan sebuah produk atau cerita di balik layar mengenai salah satu promosi yang sangat sukses. Kemudian cara kedua adalah Anda bisa membuat cerita dari followers atau langganan Anda.

Seperti yang dilakukan oleh Canva, sebuah perusahaan desain asal Dubai. Mereka menuliskan caption dari salah seorang penggunanya. Jangan lupa ketika Anda sudah membuat caption cerita yang bagus, Anda harus menyesuaikan dengan foto. Suruh pelanggan setia Anda untuk selfie agar foto lebih dapat. Anda bisa melihatnya di bawah ini. Sebagai informasi, Anda tidak perlu terus menerus mengeluarkan caption berisi cerita, Anda bisa membuat campaign misalnya sebulan dua kali atau sebulan sekali.

 

Bertanya kepada followers

Kekuatan caption selanjutnya adalah jangan takut untuk bertanya kepada followers Anda. Ini adalah cara yang cukup ampuh untuk memancing engagement di Instagram Anda. Misalnya Anda bertanya, “Bagaimana kabar Anda hari ini?” atau sekadar bertanya “Apa hal yang mengasyikkan di akhir pekan kali ini?” Pancing lah dengan pertanyaan-pertanyaan yang bagus.

Jika Anda merasa tidak percaya diri membuat caption Instagram yang berisi pertanyaan, Anda bisa melakukan trial and error. Misalnya ternyata di pertanyaan model A, tidak memiliki engagement yang bagus, Anda bisa mengubah model pertanyaan model B. Bahkan Anda bisa membuat sampai 6 model, hingga akhirnya Anda bisa menemukan caption pertanyaan yang pas.

Kami akan mencontohkan caption pertanyaan yang bagus dari Instagram Garuda Indonesia. Pada posting-an tanggal 18 Agustus 2018, Garuda Indonesia memberi caption “Apa kalian akan menyaksikan langsung atau melalui layar kaca?” Posting-an mengenai opening ceremony Asian Games 2018.

Anda juga bisa melakukan hal yang sama, bertanya tentang isu-isu terkini juga akan memancing engagement dari followers Anda. Lalu bagaimana menilai kesuksesan dari sebuah caption? Anda bisa melihat dari jumlah likes dan juga komentar, semakin banyak akan semakin baik.

 

Buat jokes segar untuk caption Instagram

Cara selanjutnya dan sangat sukses untuk dilakukan adalah Anda bisa membuat jokes segar di sela-sela posting. Ada dua cara untuk membuat jokes segar di caption, pertama Anda bisa membuat pertanyaan yang berhubungan dengan gambar. Misalnya Anda mem-posting mengenai foto kucing lucu, Anda bisa menuliskan “Apakah sekarang kamu seceria kucing ini?” Atau cara kedua adalah Anda bisa memberikan jokes berupa cerita di dalam caption.

Kami akan menjelaskan bagaimana caranya menuliskan jokes segar dari Instagram American Airlines. Pada posting tanggal 11 Agustus 2018 kemarin, American Airlines menuliskan caption Instagram sederhana yaitu “*music icon* 7-3, do you love me? Are you flyn’? Say you’ll never ever lea…” Apakah ada yang lucu pada kalimat tersebut? Yup, American Airlines ini menyadur lagu yang sedang naik daun, yaitu Drake – In My Feelings. Apakah Anda mengerti?

Dengan jokes yang sederhana tersebut, American Airlines mendapatkan komentar dan likes yang cukup banyak. Sebagai perbandingan, American Airlines ini memberikan video di posting­-nya. Jadi kamu bisa menggabungkan antara foto ataupun video.

Regram!

Yup, cara selanjutnya yang tidak kalah pentingnya adalah Anda bisa melakukan regram dari posting followers Anda. Ini bisa juga disebut sebagai User Generate Content (UGC), jadi bagaimana kontribusi followers bisa bermanfaat untuk akun Instagram Anda. Selain itu jika Anda mempunyai followers yang cukup banyak, itu akan bermanfaat bagi       followers Anda juga.

Penelitian dari iconosquare.com mengatakan bahwa akun brand Instagram yang mem-posting UGC, akan mendapatkan 6,9 kali jumlah engagement dibandingkan dengan posting-an biasa. Jadi mulai sekarang Anda bisa mempertimbangkan untuk melakukan regram pada akun yang mempunyai konten foto dan caption Instagram yang bagus.

Kami juga akan memberikan contoh akun yang sangat cerdas dalam menggunakan regram, yaitu Starbucks. Brand kopi besar dari Amerika Serikat ini secara mengejutkan sangat jarang posting di Instagram. Dalam seminggu, mereka hanya mengeluarkan 3-4 post. Tetapi seminggu sekali pula Starbucks selalu mem-post UGC.

 

Bermain dengan hashtag

Cara selanjutnya untuk membuat caption Instagram bagus adalah bermain dengan hashtag. Tetapi bedanya kali ini adalah Anda tidak perlu membuat hashtag yang ramai atau banyak dicari orang. Anda cukup bermain dengan hashtag sebagai bentuk jokes atau selingan. Misalnya setelah Anda menuliskan caption, Anda bisa menambahkan hashtag “#hariyangberat” atau “#abanglelah”. Penulisan hashtag dengan kata-kata lucu tersebut akan menambah engagement dari followers Anda.

Kami akan mencontohkan akun Instagram yang sangat baik dalam mempermainkan hashtag. Ada therussianbroad. Mereka menuliskan caption It’s when you have those overpriced soy milk cappuccinos you know you made it in life. #NotReally” Ternyata kata-kata #NotReally pada hashtag ini mengundang engagement yang baik.

Semoga cara-cara yang telah tim Penulis.ID share di atas bisa membantu!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID

Latest posts by Dior Asning Kosyu (see all)