10 Cara Meyakinkan Pelanggan

fi
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Pelanggan adalah raja. Tentunya raja harus percaya dahulu kepada seseorang untuk meluluhkan hatinya. Raja tentu juga tidak bisa sembarangan untuk percaya kepada seseorang yang baru dikenalnya. Jadi pada intinya, Anda sebagai pebisnis harus mempunyai strategi bagaimana cara meyakinkan pelanggan. Pelanggan tersebut tentu tidak akan langsung percaya dengan berbagai promosi menarik dari Anda, apalagi kalau kualitas produk atau layanan Anda berbeda dengan yang dipromosikan.

Pelanggan adalah jembatan Anda untuk mendapatkan kesuksesan, kepuasan pelanggan adalah salah satu tujuan utama Anda untuk berbisnis, selain mencari keuntungan tentunya.

Untuk membantu Anda bisa menyenangkan sang “raja”, kami akan membahas 10 cara meyakinkan pelanggan. Disini kami tidak akan memberikan poin-poin saja, tapi kami juga akan membahas bagaimana cara mendapatkan pelanggan dan membuat mereka percaya dengan Anda.

 

1 Perbaiki kualitas produk Anda

jeruk

[Photo Credit: kualitas produk]

Pertimbangan utama pelanggan dalam membeli sesuatu adalah kualitas produk Anda. Jadi, poin pertama dalam tips cara meyakinkan pelanggan, Anda harus memperbaiki kualitas produk Anda. Tentu tidak mungkin misalnya Anda mempunyai bisnis kuliner dan Anda ingin mendapatkan keuntungan padahal rasa masakan Anda sangat buruk. Ingat, tujuan pertama Anda berbisnis itu tidak hanya sekedar memperoleh keuntungan, tetapi tentang bagaimana Anda bisa membuat pelanggan Anda puas.

Ketika Anda memulai berbisnis, Anda pasti akan berkenalan dengan business plan. Di dalam business plan tersebut Anda akan mendeskripsikan apa dan tujuan produk Anda. Berikan penjelasan detail tentang produk Anda tersebut. Bagaimana kekuatan produk Anda serta apa sebenarnya kelemahan produk Anda. Ketika mendapatkan kritik dari pelanggan Anda, catat dan perbaiki kualitas produk Anda. Jangan segan untuk berinvestasi pada bagian riset dan pengembangan produk. Tidak ada cara meyakinkan pelanggan yang lebih baik daripada menciptakan produk yang luar biasa.

 

2 Buat website

Prioritas kedua di tips cara meyakinkan pelanggan ini adalah buatlah website. Di era globalisasi sekarang, website adalah jembatan penghubung antara pelanggan dan penjual. Jika Anda mempunyai website yang sangat bagus, Anda bisa mendapatkan pelanggan dengan sendirinya. Sekarang, kebiasaan dari para pelanggan adalah mencari sendiri tentang produk apa yang sedang Anda jual. Apabila mereka mengetikkan nama produk Anda di Google dan yang muncul bukan website Anda, sama saja dengan Anda menyerahkan nasib produk Anda di tangan orang lain. Itulah mengapa Anda seharusnya mempunyai website sendiri.

Jika Anda mempunyai budget lebih, Anda bisa membuat desain website yang bagus. Di dalam website tersebut jangan lupa untuk mencantumkan secara detail bisnis apa dan produk apa yang Anda tawarkan. Beberapa pelanggan akan melihat dahulu sebelum membeli produk, apakah mempunyai website yang jelas atau tidak. Jangan segan untuk membayar seorang professional untuk mengerjakan website Anda. Kalau budget Anda terbatas, mulailah belajar membuat website sendiri. Kami merekomendasikan Codecademy untuk belajar membuat website dari awal.

 

3 Pasang foto produk

Walaupun terlihat sepele, memasang foto produk adalah hal yang sangat penting. Hampir seperti fungsi membuat website, calon pelanggan Anda akan membuka website Anda untuk melihat seperti apa produk yang Anda buat. Pasang detail foto yang menarik serta deskripsi produk yang baik agar pelanggan bisa lebih yakin dengan produk buatan Anda. Cobalah buka Instagram dari beberapa toko online yang mempunyai follower diatas 50 ribu orang. Biasanya, cara meyakinkan pelanggan yang mereka gunakan adalah foto produk berkualitas tinggi, dan bahkan dengan konsep seni yang menawan.

 

4 Testimoni

 

testi

[Photo Credit: Testimoni]

Berdasarkan berbagai riset pasar terbaru, cara seseorang membeli produk sudah berubah. Komunikasi satu arah dari perusahaan sudah tidak terlalu dipercaya. Seseorang akan lebih percaya testimoni dari teman atau kerabatnya. Jadi, jangan segan untuk meminta testimoni ke pelanggan setia Anda. Seseorang yang sudah menjadi fans Anda, tidak akan segan untuk memberi testimoni tulusnya. Testimoni kepuasan pelanggan ini bisa Anda letakkan di website, social media, brosur, dan literally semua di point of touch dengan pelanggan Anda.

 

5 Apa yang pernah Anda capai

Hal kelima lainnya adalah, cantumkan apa yang pernah Anda capai sebelumnya. Bukan berarti Anda mencantumkan telah lulus S1 atau S2 dengan ipk 3.7. Akan tetapi Anda harus mencantumkan apa yang telah bisnis Anda capai. Misalnya, Anda telah mencapai 1000 pelanggan selama 1 tahun atau Anda telah membuka cabang baru. Contohnya, perusahaan sebesar Facebook saja selalu mengumumkan milestone mereka ke publik. Mulai dari 1 juta pengguna pertama, 10 juta, 100 juta, sampai 1 milliar pengguna. Mengumumkan pencapaian bisnis Anda akan membuat pelanggan setia Anda excited dan membuat calon pelanggan baru merasa, “wah mereka keren sekali, Saya jadi ingin coba juga.”

 

6 Promosi produk

promosi

[Photo Credit: Promosi]

Promosi produk adalah bagaimana Anda mempromosikan setiap produk Anda kepada para pelanggan Anda. Caranya bisa bermacam-macam, mulai dari website, social media, email marketing, brosur, dan promosi offline lainnya. Jangan sampai promosi produk Anda terlalu sering, karena pelanggan Anda akan merasa risih atau menganggap Anda melakukan spam.

Tren lainnya adalah promosi produk menggunakan pendekatan komunitas atau peer-to-peer marketing. Daripada hanya melakukan komunikasi satu arah, Anda bisa membuatkan komunitas sesama pelanggan Anda, dan mendengarkan ide mereka. YouTube adalah salah satu platform paling tepat untuk melakukan interaksi dengan pelanggan Anda. Coba search “Old Spice YouTube Campaign” untuk inspirasi Anda.

 

7 Berikan pelayanan terbaik

Sesuai pernyataan pelanggan adalah raja, Anda harus memberikan pelayanan terbaik. Anda harus mempunyai target, setiap 5 calon pelanggan yang bertanya serius tentang bisnis atau produk Anda, harus ada 1 pelanggan yang membeli. Ketika Anda mendapatkan 10 calon pelanggan tetapi tidak ada satupun yang membeli, Anda harus merubah bagaimana cara Anda memberikan pelayanan. Ilmu komunikasi adalah salah satu hal yang harus Anda pelajari. Memberikan sesuatu yang lebih dari yang Anda janjikan adalah cara mendapatkan pelanggan yang paling ampuh.

 

8 Perbanyak jaringan

networking

[Photo Credit: Networking]

Jika Anda melihat beberapa kisah para pebisnis sukses biasanya ada 1-2 pebisnis yang sukses karena banyaknya koneksi atau jaringan. Misalnya Anda mempunyai bisnis kuliner, walaupun Anda mempunyai basic kuliner yang cukup kuat, Anda tentu tidak tahu bagaimana sebenarnya jatuh bangun bagaimana membangun bisnis kuliner. Dengan memiliki koneksi di bidang kuliner, dan menjadikannya seorang mentor, Anda bisa menghindari kesalahan yang bisa saja terjadi di bidang tersebut. Memiliki koneksi yang tepat juga merupakan cara mendapatkan pelanggan termudah. Anda bisa meminta koneksi Anda tersebut untuk mengenalkan Anda kepada orang yang sedang membutuhkan produk Anda.

 

9 Mempunyai target

Di dalam business plan sudah tercatat jelas bagaimana peluang serta target bisnis Anda secara detail. Mulai dari target harian, target mingguan, target bulanan sampai target tahunan. Lalu target jangka pendek dan target jangka panjang. Pentingnya mempunyai target adalah supaya Anda termotivasi dan bisa bergerak lebih maju ketika Anda mengetahui ternyata bisnis Anda tersebut tidak melampaui target. Kembali ke dasar-dasar bisnis, Anda tidak akan bisa meningkatkan sesuatu apabila tidak ada target sama sekali. Pastikan tiap orang dalam bisnis Anda memahami apa target mereka, dan mengevaluasi di tiap bulan apakah targetnya sudah tercapai atau tidak. Sistem reward and punishment akan sangat cocok diterapkan dalam evaluasi tersebut. Hargailah karyawan yang berhasil mencapai targetnya, dan peringatkan yang gagal.

 

10 Tekad kuat dan pantang menyerah

Perlu Anda ketahui sebelumnya, hampir 5 dari 10 bisnis di dunia tidak akan bertahan pada satu tahun pertama. Kemudian 2 dari 10 bisnis tersebut tidak akan bertahan 3 tahun pertama. Maka dari itulah Anda harus mempunyai tekad yang kuat untuk bangkit dari kegagalan. Lalu pantang menyerah ketika bisnis Anda tiba-tiba bangkrut. Lebih bagus lagi kalau Anda bisa memandang hambatan dalam bisnis sebagai sebuah tantangan. Untuk beberapa orang, tantangan itu yang membuat bisnis adalah hal yang sangat mengasyikan.

Itulah 10 cara mendapatkan pembeli dan cara mendapatkan pelanggan yang bisa Anda aplikasikan di bisnis Anda. Silahkan berkomentar dan menambahkan sesuatu yang berdasarkan pengalaman Anda.

featured image credit

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith