7 Merchandise yang Paling Pas Untuk Event Besar Anda

merchandise-542654
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ketika menghadiri sebuah event, apa yang diharapkan oleh para pengunjung? Tentu saja isi dari event tersebut. Event seminar misalnya, pasti para pengunjungnya mengharapkan ilmu dari para pembicara profesional yang mengisi seminar tersebut. Dengan mengikuti sebuah event, para pengunjung setidaknya mendapatkan ilmu yang dapat mereka aplikasikan atau bahkan ditularkan kepada orang-orang sekitar mereka. Ya, ilmu tersebut adalah daya tarik utama dalam sebuah event besar.

Terkadang, ada hal lain yang dapat menjadi daya tarik utama dalam sebuah event. Hal tersebut bisa kejutan spesial dari event organizer, hadiah utama dari perusahaannya, atau bahkan sebuah lomba yang diadakan dalam event tersebut. Satu hal lagi sebenarnya, merchandise. Ya, merchandise gratis dari pengusung acara sangat ditunggu-tunggu oleh para pengunjung sebuah event.

Merchandise sebagai sarana promosi brand

8623986287_32fbe8248f_z

[Photo by Yun Huang Yong]

Sering kali dalam seminar-seminar besar, merchandise yang diberikan secara gratis pasti terpasang logo sponsor atau brand suatu perusahaan. Pada dasarnya, Anda sebagai pengusung acara dapat menjadikan merchandise gratis yang Anda berikan kepada para pengunjung event Anda sebagai salah satu bentuk promosi brand Anda. Dengan demikian, semakin merchandise dengan logo perusahaan Anda yang Anda berikan kepada pengunjung event Anda, maka semakin kuat brand Anda di mata masyarakat umum.

Dalam memilih merchandise sebagai oleh-oleh dari event besar Anda pun tidak boleh asal memilih. Ada beberapa merchandise yang cocok dan efektif sebagai alat promo. Namun, ada juga beberapa merchandise yang sangat buruk untuk dijadikan oleh-oleh.

Di artikel ini, Anda akan diberikan beberapa pilihan ide merchandise yang cocok dijadikan oleh-oleh dalam event besar Anda lengkap dengan alasan kenapa Anda harus memilih merchandise tersebut untuk oleh-oleh di event besar Anda. Untuk lebih detail, mari kita simak yang satu ini.

Benda-Benda Terbaik Sebagai Merchandise

USB Charger

19974155144_9eaa33f07b_z

[Photo by TechStage]

Semua pengunjung event Anda pasti sibuk dengan ponsel mereka ketika event sedang berlangsung. Beberapa dari mereka pasti ada yang sibuk “berkicau” di dunia maya, atau mungkin sedang bermain game di ponsel mereka. Hal tersebut pasti akan menghabiskan energi pada baterai ponsel mereka. Mereka pasti sibuk mengisi ulang baterai ponsel mereka.

Maka dari itu, ketika Anda memberikan usb charger kepada para pengunjung event Anda, mereka pasti akan langsung menggunakannya. Selain itu, berkat logo yang tercantum di charger tersebut, mereka pasti dapat mengenali logo atau brand perusahaan Anda.

Charger yang Anda berikan nantinya juga masih akan digunakan di kemudian hari bahkan jauh setelah event besar Anda selesai.

Benda-Benda Musiman

Untuk Anda yang memiliki kecenderungan ingin sesuatu yang unik dan berbeda dari yang lain, Anda mungkin bisa saja memberikan pengunjung event Anda merchandise berupa benda-benda musiman. Benda-benda musiman adalah benda yang hanya muncul pada musim tertentu.

6122886164_e86c93f8d7_z

[Photo by FromSandToGlass]

Sebagai contoh, misalnya saat ini telah memasuki musim panas. Kebetulan Anda juga mengadakan event Anda di sekitar pantai wisata. Nah, Anda dapat memberikan merchandise berupa handuk, sandal, Frisbees, atau bahkan sebuah bola voli. Pengunjung yang telah menerima benda-benda tersebut akan segera mencoba benda yang Anda berikan di pantai terdekat, dimana akan ada banyak orang yang datang di pantai tersebut.

Orang-orang pasti akan bertanya-tanya darimana datangnya benda-benda yang pengunjung Anda bawa. Secara otomatis, mereka akan memperhatikan logo yang tercantum dalam benda yang pengunjung Anda bawa. Singkatnya, logo Anda akan lebih dikenal dengan cara ini.

Payung

Ada ungkapan terkenal, sedia payung sebelum hujan. Meskipun cuaca dapat dengan mudah kita prediksi, namun datangnya hujan masihlah tetap muncul secara tiba-tiba. Hujan yang tiba-tiba turun sering kali membuat para pengunjung event Anda akan merasa bingung. Disinilah peran payung lebih menonjol daripada merchandise yang lain.

2432300803_5754e0cc92_z

[Photo by Tony Webster]

Selain datang untuk membantu para pengunjung yang terancam kehujanan, payung juga mampu memberikan kesan baik. Banyak orang akan menggambarkan ide positif bahwa perusahaan Anda telah bersiap dengan situasi apapun. Hal ini dibuktikan dengan disiapkannya payung sebagai merchandise untuk para pengunjung yang kebingungan.

Seperti benda-benda lainnya, payung juga dapat digunakan secara terus-menerus, meskipun event Anda telah berakhir jauh-jauh hari. Terlebih lagi, orang tidak mungkin memiliki banyak payung. Oleh karena itu, payung Anda bisa jadi “langganan” untuk dipakai sehari-hari.

T-Shirt

2638299191_8be0d3220e_z

[Photo by Be Extreme]

Sama halnya dengan payung, tampaknya orang tidak akan mungkin memiliki banyak t-shirt yang sama. Jika Anda memberikan merchandise berupa t-shirt dengan desain atau kata-kata yang unik, selain logo perusahaan Anda tentunya, maka kesempatan t-shirt Anda untuk selalu digunakan sehari-hari oleh pengunjung Anda akan semakin besar. Meskipun mereka pada dasarnya belum mengenal brand Anda, paling tidak mereka masih melihat desain yang ada pada t-shirt tersebut sehingga dapat mengenal brand Anda.

Botol Minum yang Dapat Digunakan Kembali

Jika Anda mengusung tema Go Green pada event Anda, maka merchandise yang tepat adalah botol minum yang dapat digunakan kembali. Para pengunjung akan berpikir untuk selalu menggunakan botol tersebut daripada harus membeli air minum dalam kemasan yang botol plastiknya tidak bisa hancur dengan sendirinya.

5449477646_642a61ae3d_z

[Photo by Malia]

Penggunaan botol air minum ini juga dapat bertahan lama selama botol tersebut masih bisa digunakan. Para pengunjung Anda yang menerima botol ini juga akan selalu dengan bangganya membawa botol ini. Alasannya, botol ini ringkas dan mudah dibawa kemana-mana. Jangan heran jika nantinya seluruh kota akan mengenal brand Anda berkat botol minum.

Makanan Kecil yang Unik

Orang-orang pada umumnya akan berhenti mengobrol ketika Anda memberikan makanan pada mereka. Mereka bahkan tidak akan menyentuh makanan yang Anda berikan ketika sedang berada di event Anda. Namun, apabila Anda memilih makanan yang unik untuk diberikan sebagai merchandise, bukan tidak mungkin brand Anda akan jadi bahan perbincangan di event Anda.

16794543231_12826c6c59_z

[Photo by .GYPSY.]

Contohnya saja, orang-orang dari Digital Talent Agents yang memberikan Sereal Kopi dimana sereal tersebut selain memiliki rasa kopi juga mengandung kafein. Makanan yang unik ini kemudian yang memancing pembicaraan di antara peserta.

Satu contoh lain datang dari konferensi yang diadakan oleh New York Post. Dalam konferensinya, pada pengunjung diberikan seember penuh gummy bears. Cukup unik untuk dijadikan sebuah sensasi bukan?

Agenda

Jika semua hal di atas cenderung ke arah hiburan, berbeda halnya dengan buku agenda. Meskipun banyak orang menganggap bahwa merchandise ini kuno, ternyata masih banyak orang yang menjadikan buku agenda sebagai merchandise dari event mereka.

309043056_fa06c61f87_z

[Photo by Daniel Pape]

Ya, pada dasarnya memang dewasa ini orang-orang lebih memilih untuk melakukan segala sesuatu secara digital. Namun, buku agenda seperti ini masih banyak orang yang menggunakan, terutama untuk mereka yang sedikit gagap teknologi. Mereka masih menggunakan catatan-catatan manual untuk mengatur jadwal mereka.

Mengatur jadwal apa? Pastinya yang berhubungan dengan pekerjaan. Karena sifatnya sebagai buku agenda, pasti orang tersebut akan selalu membawa buku agenda ini kemana pun dia pergi. Bukan tidak mungkin, ketika sang pemilik sedang meeting dengan klien mereka, klien akan bertanya balik dan semakin terkenal-lah brand Anda.

 

Nah, itulah tadi beberapa benda yang memang pantas untuk dijadikan merchandise event Anda. Semoga Anda dapat lebih bijak memilih merchandise mana yang cocok untuk Anda jadikan oleh-oleh dalam event besar Anda sehingga dana yang Anda habiskan untuk merchandise tidak akan terbuang sia-sia.

 

featured image by www.sost.dk

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)