Ini Adalah Peran dan Deskripsi Pekerjaan Dari Digital Marketing Manager

im
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Menurut data dari eMarketer, total belanja iklan di Indonesia pada tahun 2015 adalah 12,94 miliar dolar atau jika dirupiahkan sekitar 163 triliun rupiah. Angka tersebut naik sekitar 16% dibandingkan total belanja iklan pada tahun 2014. Tetapi walaupun angka tersebut naik, ternyata persentase kenaikkan tersebut setiap tahun semakin turun. Diprediksi pada 3 sampai 4 tahun mendatang, kenaikkan total belanja iklan akan semakin menurun.

Beberapa pakar menyebutkan bahwa lambatnya kenaikkan angka total belanja ini diakibatkan naiknya budget digital marketing pada setiap perusahaan atau brand. Pada tahun 2015, total belanja iklan digital adalah 950 juta dolar atau sekitar 12 triliun, 7.3% dari total belanja iklan. Angka tersebut diprediksi akan naik sampai 20% pada tahun 2018.

Itulah mengapa sekarang peran digital marketing manager sangat penting. Beberapa perusahaan besar atau kecil, dari teknologi sampai pabrik membutuhkan digital marketing manager untuk mengangkat marketing dari sisi digital. Saat ini, di beberapa klien, tim Penulis.ID bekerja bersama seorang digital marketing manager dari klien tersebut.

Apa sih digital marketing manager itu?

Digital marketing manager adalah orang yang bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berhubungan dengan marketing dan branding yang dilakukan secara online. Apa saja lingkup dari ‘online’ yang dikerjakan oleh digital marketing manager ini? Mulai dari media sosial, blogs/content marketing, eBooks, aplikasi, video, dan mobile marketing (SMS/MMS). Pokoknya segala sesuatu yang berhubungan dengan internet, maka itu termasuk tugas dari digital marketing manager.

im

Digital marketing manager akan tetap berkolaborasi dengan tim marketing offline. Jadi mereka harus menyamakan visi, tentang apa saja yang dikerjakan marketing offline dan digital, agar apa yang disampaikan bisa searah. Jadi untuk menjadi seorang digital marketing manager yang baik, Anda harus bisa bekerja dalam tim dan bekerja sama dengan cukup baik.

Ruang lingkup digital marketing manager

Ruang lingkup digital marketing manager meliputi apapun yang berhubungan dengan online. Jadi, Anda harus benar-benar mengerti element marketing yang berhubungan dengan online dan internet, khususnya berita dan update perkembangannya.

Media sosial

Tentu media sosial merupakan salah satu ‘makanan wajib’ seorang digital marketing manager. Anda harus mengerti secara jelas bagaimana menggunakan semua platform yang sedang happening di media sosial. Ketika Anda sudah paham, tentu Anda akan mengerti platform apa saja yang cocok digunakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja. Misalnya kami mencontohkan perusahaan yang bergerak di bidang makanan/restoran. Media sosial yang paling pas untuk digunakan sebagai promosi adalah Instagram. Karena Instagram lebih mengandalkan foto sharing, jadi Anda bisa menguatkan foto makanan yang bagus dan menarik.

im2

Sekarang mari kita breakdown satu per satu, platform media sosial yang bisa Anda gunakan:

  • Facebook

Sudah bisa dipastikan, Facebook adalah tempat marketing digital pertama yang harus Anda tuju. Dengan pengguna mencapai 1 miliar di seluruh dunia. Dan di Indonesia sendiri, total pengguna Facebook adalah 79 juta. Itu berarti Anda mempunyai calon pembeli atau calon pengguna produk Anda. Beriklan di Facebook juga sangat baik dan sampai sekarang masih menjadi idola para digital marketing manager.

  • Twitter

Twitter adalah media sosial untuk Anda yang menjadi digital marketing manager di sebuah perusahaan B2B. Anda bisa memanfaatkan dengan melakukan tweet sederhana untuk menambah tingkat kepercayaan calon pelanggan atau calon pengguna produk Anda. Twitter juga sering digunakan untuk mengetahui keluhan/feedback langsung dari pelanggan.

  • LinkedIn

Iklan di LinkedIn memang terkenal cukup mahal, karena mereka lebih terfokus kepada target pengguna B2B. Tetapi jika Anda mempunyai budget lebih untuk iklan berbayar, kami sangat menyarankan menggunakan LinkedIn sebagai iklan berbayar.

  • Instagram

Seperti yang kami bilang sebelumnya, Instagram akan sangat cocok digunakan oleh Anda yang mempunyai produk yang memiliki daya tarik visual tinggi. Jadi, Anda bisa menonjolkan foto produk untuk memikat calon pembeli atau calon pengguna produk Anda.

Email marketing

Email marketing adalah bagaimana menggunakan email sebagai alat marketing. Biasanya caranya adalah menambahkan fitur subscription di dalam website perusahaan Anda. Ketika sudah mendapatkan beberapa subscriber, barulah Anda menjalankan email marketing. Cara selanjutnya adalah bagaimana kemampuan Anda membalas email atau memfollow-up email kepada para pelanggan Anda.

Video

Cara selanjutnya adalah Anda bisa menggunakan video. Dengan semakin banyaknya pengguna YouTube. Para digital marketing manager sudah mulai berlomba-lomba untuk menggunakan video sebagai alat marketing mereka. Beberapa brand besar seperti Telkomsel, XL, Walls, dan beberapa brand lainnya sangat pandai dalam membuat video yang akhirnya menjadi viral.

im3

Sebenarnya untuk memasarkan video tidak hanya lewat YouTube. Anda bisa menggunakan media Facebook untuk memasarkan video yang telah Anda buat. Apalagi jika engagement di Facebook Anda ternyata lebih tinggi. Itu menjadi keuntungan tersendiri karena fitur Share dan Likes di Facebook cukup ampuh untuk membuat content Anda menjadi viral.

Banyak orang beranggapan bahwa membuat Video yang viral tentu harus mempunyai budget yang besar. Anda cukup memikirkan konsep yang sederhana tetapi pesan dari video tersebut bisa tersampaikan. Semakin sederhana video yang Anda buat, akan semakin bagus untuk audience Anda.

Konten Marketing

Setiap digital marketing manager harus mengetahui bahwa inbound marketing adalah alat yang paling baik untuk menarik traffic ke dalam website perusahaan. Tim Penulis.ID sering membantu digital marketing manager sebuah brand untuk membuat blog berisi artikel yang menarik calon pembeli.

Tulis perencanaan yang mendalam, untuk melihat mana saja artikel yang bisa segera dipublish. Menjaga kualitas artikel juga akan membuat Anda mendapatkan traffic dari search engine. Jaga terus kualitas artikel dan terus update posting blog Anda. Jika Anda tidak mempunyai tim content sendiri, Anda bisa menggunakan jasa content writer yang sudah berpengalaman seperti tim Penulis.ID.

Kesimpulan

Kesimpulan yang bisa kita berikan untuk Anda yang berkeinginan menjadi seorang digital marketing manager adalah Anda harus mempunyai riset dan perencanaan yang kuat. Seorang digital marketing manager tidak selalu orang lulusan jurusan Komputer, Marketing, atau Komunikasi. Apapun jurusan Anda, selama Anda bisa menggunakan media sosial, mengerti perkembangan trend, bisa melihat sebuah kesempatan yang bagus, Anda bisa menjadi seorang digital marketing manager yang bagus.

Terus tentukan perencanaan dan target yang teratur akan menjaga kualitas digital marketing perusahaan Anda. Konsultasikan perencanaan Anda kepada sesama karyawan atau atasan Anda. Masukan mereka tentu akan membantu Anda dalam membuat perencaan yang lebih mendetail.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith