Dampak Social Media Influencer Pada Bisnis Anda

Apa dampak social media influencer bagi bisnis? Source: Flickr
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Untuk meningkatkan penjualan, kini pelaku bisnis tak hanya melakukan pemasaran secara offine, namun juga online. Salah satu pemasaran online yang dilakukan yakni dengan memilih media sosial. Hal ini bukan tanpa sebab. Banyaknya pengguna media sosial di Indonesia membuat pelaku bisnis berpikir untuk memanfaatkannya. Langkah-langkah yang diambil untuk melakukan marketing melalui media sosial ini pun juga bermacam-macam. Salah satunya yakni dengan menggunakan social media influencer. Beberapa klien dari Penulis.ID terbukti sangat sukses dalam kampanye bersama social media influencer mereka.

Social media influencer adalah mereka pengguna media sosial yang memiliki kemampuan untuk mempengaruhi dan membuat para follower-nya tertarik dengan apa yang mereka lakukan sehingga jumlah follower-nya pun kian banyak. Hal inilah yang dimanfaatkan oleh produsen untuk menggaet lebih banyak konsumen. Dengan memakai seorang social media influencer, produsen atau pelaku bisnis berharap kalau produknya akan lebih dikenal secara luas oleh orang-orang di media sosial. Apalagi dengan kemampuan influence yang dimiliki oleh seorang social media influencer, maka akan membuat orang cenderung ingin mencoba produk tersebut.

Kalau Anda seorang pelaku bisnis dan ingin meningkatkan penjualan dengan memanfaatkan sosial media sebagai lahan Anda, maka tak ada salahnya untuk mencoba bekerja sama dengan social media influencer ini. Berikut dampak social media influencer yang perlu Anda tahu.

 

Lebih Banyak Konsumen yang Bisa Didapat

Seorang social media influencer pada umumnya memiliki lebih dari satu jenis media sosial. ia akan berusaha untuk menggaet sebanyak mungkin follower. Oleh sebab itu, tak heran jika seorang social media influencer dapat eksis tak hanya di satu jenis media sosial saja seperti Instagram misalnya, tapi juga Facebook, Twitter, dan Snapchat misalnya. Atau bagi social media influencer yang merupakan vlogger, mereka juga akan berusaha sebaik mungkin untuk menarik lebih banyak follower di sana.

Dari sini dapat Anda pertimbangkan apa jadinya kalau Anda bekerja sama dengan social media influencer. Barang yang akan Anda pasarkan tak hanya akan dikenal melalui media sosial tertentu saja, tapi juga media sosial lainnya. Tentu saja hal ini akan menghemat waktu dan tenagamu tanpa harus melakukan pemasaran satu persatu di masing-masing akun media sosialmu yang mana belum tentu memiliki lebih banyak follower. Apa lagi untuk Anda yang baru saja mengenalkan produk baru. Memakai bantuan social media influencer bisa membuat produkmu dikenal oleh netizen lebih cepat.

 

Meminimalisir Salah Sasaran dalam Membidik Konsumen

Jangan sampai salah membidik konsumen. Source: Blue Diamond
Jangan sampai salah membidik konsumen. Source: Blue Diamond

Coba Anda perhatikan, berapa banyak pelaku bisnis yang gagal dalam pemasaran yang mereka lakukan. Pemasaran mereka tidak mampu mendongkrak nilai penjualan sehingga menjadi sia-sia. Hal ini tentu saja karena kesalahan selama proses itu sendiri. Kesalahan dalam marketing yang bisa dikatakan kesalahan mendasar adalah salah dalam membidik konsumen. Seorang pelaku bisnis harus tahu siapa konsumen mereka dan apa yang mereka inginkan.

Seorang social media influencer memiliki follower yang cukup banyak. Follower ini pun bukan orang sembarangan, tapi adalah mereka yang memang benar-benar se-passion dengan sang influencer sendiri. Di media sosial, orang akan mem-follow orang lain yang dianggapnya memiliki hobi dan kecintaan yang sama. Misalnya mereka yang suka bereksperimen akan tak segan untuk mem-follow akun makeup artist, mereka yang suka traveling juga akan mem-follow akun para traveler lainnya.

Di sini lah dampak social media influencer yang akan Anda rasakan secara nyata. Dengan menjalin kerja sama dengan seorang social media influencer, Anda pun bisa mendapatkan konsumen sesuai dengan target. Misalkan Anda menjual produk skincare maupun kosmetik, maka menjalin kerja sama dengan social media influencer yang sesuai dengan bidang ini maka Anda pun bisa mengenal orang baru yang tepat.

Pada umumnya, apapun yang di-post oleh seorang social media influencer akan terlihat menarik di mata para follower-nya sehingga tak menutup kemungkinan, para follower ini akan tertarik dengan produk Anda dan menjadi konsumen. Oleh sebab itu, semakin banyak follower seorang medai social influencer, maka akan semakin besar peluang produk Anda untuk dikenal. Anda pun tak perlu lagi bingung akan salah membidik konsumen karena para follower tersebut adalah mereka yang membutuhkan produk Anda.

 

Seorang Social Media Influencer Berdedikasi untuk Produk Anda

 

Dampak social media influencer yang lainnya adalah marketing yang Anda lakukan akan bersifat alami. Berbeda dengan pemasaran dengan iklan yang terkadang jalan cerita dan kebutuhan akan produk tersebut cukup terlihat dipaksakan, maka berbeda jika Anda memakai jasa seorang social media inflluencer. Pada umumnya, seorang social media influencer akan mempromosikan produk Anda yang dikemas lewat cerita pribadi mereka.

Ingat, apapun yang dilakukan influencer akan selalu “dipuja” oleh para follower-nya dan mereka akan mengikutinya. Misalnya Anda ingin menjual produk baru berupa facial foam. Social media influencer yang profesional akan menghubungkan penggunaan produk ini dengan aktivitas mereka. Contohnya ketika mereka ber-traveling dan wajah kotor, mereka pun mencuci muka dengan facial foam Anda dan hasilnya wajah bersih. Anda pun sudah bisa menebak hasilnya. Akan ada banyak follower yang penasaran dengan produk Anda dan mencobanya. Cukup efektif, bukan?

 

Menarik Konsumen Baru

Seorang social media influencer cenderung mendapatkan follower yang banyak dan akan bertambah setiap harinya. Orang-orang yang satu visi dan misi dengannya akan mem-follow akun social media influencer. Ini adalah lahan buat Anda untuk menggaet konsumen baru. Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, dampak social media influencer yang satu ini berkaitan dengan sifat seorang social media influencer yang cenderung memiliki akun di beberapa media sosial. Berbeda akun media sosial maka berbeda juga follower-nya.

Anda pun bisa mendapatkan konsumen-konsumen baru. Biasanya, para follower ini akan menyebarkan produk yang dipakai oleh akun yang di-follow-nya secara mulut ke mulut ke teman dan orang di sekitarnya. Tentu saja hal ini meningkatkan peluang produk Anda untuk dikenal lebih luas, bukan?

 

Diskon Adalah Hal yang Disukai oleh Konsumen Pada Umumnya

Konsumen mana yang tak suka dengan diskon? Bahkan terkadang, semahal apapun harga suatu produk, jika dikemas dengan diskon akan bisa menarik minat konsumen untuk membelinya. Diskon adalah salah satu cara melakukan promosi yang juga merupakan bagian dari strategi pemasaran. Strategi pemasaran dengan menggaet seorang social media influencer juga bisa dikemas dalam diskon.

Untuk strategi yang satu ini, seorang social media influencer tak hanya akan meng-post aktivitas atau review-nya terkait produk Anda, tapi juga akan mengajak para follower-nya untuk membeli produknya secara langsung dengan menyertakan kode diskon. Saat ini, kode diskon lebih diminati daripada hanya memberikan diskon dalam jumlah nominal secara langsung. Kode diskon tersebut biasanya akan menyertakan nama seorang social media influencer tertentu.

Follower yang membeli produk tersebut akan mendapatkan potongan harga secara langsung dengan menunjukkan kode diskon ini. Bisa Anda bayangkan berapa banyak orang yang akan membeli produk Anda dari jumlah follower yang ada.

 

Membangun Kepercayaan Konsumen

Social media influencer dapat membangun kepercayaan konsumen. Source: Wiki
Social media influencer dapat membangun kepercayaan konsumen. Source: Wiki

Bagi Anda yang masih merupakan pendatang baru dalam dunia bisnis, tentu hal yang berat untuk bersaing dengan perusahaan-perusahaan lainnya yang sudah memiliki nama. Namun, proses ini akan lebih mudah kalau Anda menggunakan jasa seorang social media influencer untuk menunjukkan keunggulan tertentu perusahaan Anda yang tidak dimiliki oleh para pesaing lainnya.

Serengetee, sebuah startup garmen dan perlengkapan travel asal California menggaet beberapa social media influencer untuk proses pemasaran mereka.  Serengetee bekerja sama dengan social media influencer seperti Eunice M dari Nerdy Talks Book Blog untuk mempromosikan produknya dan menunjukkan keunggulan perusahaan ini.

Dalam posting-an sang social media influencer, ia tak lupa menyertakan caption yang menginformasikan pada follower-nya bahwa sebagian dari hasil penjualan akan disumbangkan kepada negara-negara tempat produk Serengetee dibuat. Keunggulan produk Anda ini akan mendapat tempat tersendiri di hati para konsumen sehingga hal tersebut akan membangun kepercayaan konsumen akan produk yang Anda jual.

Membayar seorang model atau selebriti papan atas untuk mempromosikan produk adalah hal yang bagus. Hal tersebut tentu tidak masalah bagi pelaku bisnis yang memang memiliki modal besar karena diperlukan biasa tak sedikit untuk membayar model atau selebritis. Namun memanfaatkan jasa media social influencer yang lagi naik daun seperti vlogger atau blogger adalah langkah yang lebih tepat untuk melakukan pemasaran dengan budget yang lebih minim, terutama bagi para pebisnis pemula, walaupun tak menutup kemungkinan juga banyak pebisnis kelas menengah yang juga menempuh cara ini.

Social media influencer berasal dari berbagai kalangan, mulai dari selebriti, atlet, tokoh politik, dan yang tidak berasal dari ketiganya. Mereka yang disebut dengan micro-influencer juga bisa Anda manfaatkan untuk proses pemasaran yang Anda lakukan di media sosial. Bagi Anda yang merupakan pebisnis pemula yang siap bersaing di pasaran, ada baiknya bekerja sama dengan para micro influencer ini untuk mengenalkan produk Anda di kalangan masyarakat luas. Seiring berjalannya waktu jika modal yang ada telah cukup untuk melakukan pemasaran di tingkat yang lebih lanjut, bisa bekerja sama dengan influencer yang merupakan public figure.

Cukup banyak bukan dampak memanfaatkan social media influencer yang mungkin bahkan tidak terpikirkan sebelumnya? Memasarkan produk lewat cara ini tentu saja lebih efektif. Namun ingat, Anda juga harus melakukan pemasaran lewat sektor yang lainnya seperti website atau ads untuk mendukung hal ini. Atau Anda juga bisa melakukan promosi secara offline. semakin banyak metode pemasaran yang Anda lakukan dan efektif, maka Anda hanya perlu menunggu hasilnya saja. Selamat mencoba.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)