6 Contoh Video Explainer yang Viral dan Inspiratif

contoh video explainer
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Dalam melakukan kegiatan pemasaran, Anda harus paham bahwa hal tersebut tak cukup jika hanya dilakukan melalui pemasaran secara tradisional, tetapi Anda juga harus memanfaatkan teknologi yang ada. Pemasaran yang dilakukan lewat dunia maya juga harus masuk ke dalam pertimbangan Anda karena pemasaran dengan cara ini dinilai cukup efektif menjaring konsumen, mengingat semakin mudahnya akses internet di Indonesia sehingga penggunanya pun juga semakin banyak.

Dalam melakukan pemasaran melalui internet, ada banyak cara yang bisa dilakukan. Hal ini dikenal dengan sebutan content marketing. Content marketing di sini maksudnya, kita akan menarik pembeli melalui konten yang kita pasang baik itu di situs perusahaan kita ataupun media sosial. Ada konten visual dan ada pula konten visual. Masing-masing pola marketing yang menggunakan konten memiliki trik dan tips yang berbeda-beda agar Anda bisa melakukannya secara efektif.

Jika di konten tekstual kita akan bermain dengan keyword dan juga isi dari artikel itu sendiri,  maka jika menggunakan konten visual kita dituntut untuk bisa memberikan gambar ataupun video yang menarik. Saat ini, bagi Anda yang ingin melakukan marketing dengan menonjolkan konten visual ada media sosial yang bisa mendukung Anda yakni Instagram. Namun tentu saja, agar promosi Anda dapat berjalan efektif, Anda tentunya tidak bisa membuatnya secara asal tapi harus dipertimbangkan dan berusaha memberikan yang terbaik.

Belakangan ini salah satu content marketing yang cukup populer adalah dengan menggunakan video explainer. Seperti namanya, video ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan penjelasan pada audiensi tentang produk yang ingin Anda jual, apa saja komposisi andalannya, apa keunggulan produk tersebut yang membedakannya dari produk lain, dan manfaat apa saja yang akan didapatkan oleh konsumen jika memakai produk Anda. Video explainer ini biasanya memiliki durasi waktu maksimal 2 menit. Oleh karena itu, isinya harus singkat namun jelas dan efektif menyampaikan pesan kepada konsumen.

Tidak sedikit perusahaan baik yang baru maupun yang sudah memiliki nama, menggunakan video explainer untuk memperkenalkan produk baru mereka. Berikut beberapa contoh video explainer yang cukup viral dan efektif menggaet para konsumen mereka.

Spotify

Siapa yang tak kenal platform musik raksasa yang satu ini? Bagi Anda penggila musik, pasti sudah memasang aplikasi yang satu ini di desktop Anda, bukan? Di Spotify, Anda bisa mendengarkan musik dari berbagai genre secara lebih leluasa. Bahkan, platform musik yang satu ini pun juga menyediakan musik dari era lawas untuk memanjakan penggunanya yang ingin bernostalgia dengan kenangan masa lalu. Tak heran hal ini membuat Spotify menjadi platform musik paling populer di dunia maya. Ternyata untuk menjaring konsumen sebabnya itu, Spotify memanfaatkan video explainer.

Dalam videonya yang berdurasi selama 1 menit lebih 40 detik tersebut, Spotify mengedukasi pada audiensi bahwa mendengarkan musik bisa lebih mudah dengan menggunakan Spotify karena pengguna bisa mengeksplorasi daftar musik untuk menemukan musik favorit mereka dari berbagai genre dan era. Selain itu, mereka juga bisa membagikan musik tersebut dan memainkannya dengan cara yang lebih praktis.

Tech Insider

Tech Insider merupakan situs yang menyediakan berita-berita terbaru dari berbagai kategori. Namun tak hanya berita, situs ini juga berusaha memberikan edukasi bagi masyarakat berupa tips melakukan suatu cara, pengetahuan umum, info terkini mengenai gadget terbaru, dan bahkan game. Salah satu video exlplainer-nya yang cukup viral di media sosial akhir-akhir ini adalah video penjelasan mengenai lautan.

Video tersebut berdurasi selama 3 menit 29 detik. Video tersebut ingin menunjukkan seberapa dalam lautan di bumi melalui animasi yang mudah dimengerti sehingga masyarakat pun bisa lebih mudah memahami dan mengingatnya. Video tersebut berisi tentang penjelasan apa pun yang ada di dalam lautan pada kedalaman tertentu, muali dari permukaan hingga bagian dasar lautan yang tak terjangkau sinar matahari, bagaimana tekanan fisika di dalamnya, makhluk apa saja yang hidup di sana, dan masih banyak lagi.

SafeDrive

Nah contoh video explainer selanjutnya datang dari aplikasi smartphone. Seperti yang kita ketahui, tidak sedikit dari masyarakat kita yang masih memiliki kebiasaan berkirim pesan lewat smartphone sambil berkendara. Padahal, hal ini sangat berbahaya karena bisa menyebabkan kecelakaan. Berkendara sambil membaca atau menulis pesan pada smartphone sambil berkendara bisa mengurangi tingkat fokus Anda sehingga hal ini tak hanya merugikan diri sendiri tapi juga orang lain.

SafeDrive hadir untuk mengurangi kebiasaan buruk masyarakat tersebut. dalam videonya yang berdurasi 1 menit 14 detik tersebut, SafeDrive menjelaskan bahwa ribuan orang harus menjadi korban kecelakaan setiap tahunnya akibat cara mengemudi yang seperti itu dan mayoritas korbannya adalah mereka yang masih berusia di bawah 25 tahun. Melalui videonya tersebut, SafeDrive menjaga orang-orang untuk berkendara lebih berhati-hati dan fokus dengan cara memberikan poin.

Poin yang sudah terkumpul ini kemudian bisa ditukarkan ke tempat-tempat tertentu yang telah bekerja sama dengan perusahaan ini. hal ini tentunya mampu menarik seseorang untuk mengumpulkan poin tersebut, ditambah dengan animasi sederhana yang menggambarkan bahwa orang yang berkendara sambil melihat layar smartphone bisa menabrak orang-orang di sekitarnya dan kecelakaan.

Pinterest

Salah satu situs terbesar untuk mencari gambar-gambar yang relevan adalah Pinterest. Di sini ada ribuan gambar hanya dengan Anda mengetikkan kata kunci tertentu. Pinterest pun akan menampilkan gambar-gambar yang relevan dengan kata kunci yang Anda masukkan. Masing-masing thumbnail tersebut bisa Anda klik untuk bisa menuju ke website nya langsung. Anda pun bisa mendapatkan penjelasan yang lebih lengkap mengenai masing-masing gambar tersebut. Pinterest juga membuat video explainer yang menjelaskan keuntungan jika Anda memakai website ini.

Video tersebut berdurasi selama 1 menit 37 detik dan menjelaskan bagaimana perjalanan teknologi penyimpanan gambar dari tahun 1970 hingga sekarang. Pada waktu itu, jika seseorang menyukai gambar tertentu dari koran atau majalah, ia harus mengguntingnya dan menempelkan ke dalam buku khusus yang digunakan untuk mengkliping gambar. Selanjutnya seiring dengan penemuan internet, orang mulai menyimpan gambar dari website dan memasukkannya pada floppy disc. Jika floppy disc hilang atau rusak, maka gambar yang telah disimpan selama ini akan berisiko ikut hilang.

Pinterest hadir menjawab kebutuhan tersebut. Dalam videonya tersebut, orang bisa tahu bahwa mereka bisa mengkliping gambar favorit mereka tanpa takut akan kehilangan. Selain itu, mereka juga bisa berbagi gambar yang sudah di-pin tersebut dengan orang lain. Sebaliknya, orang lain juga bisa melihat apa saja gambar yang ada di board kita. Pinterest memungkinkan orang-orang untuk bertukar ide melalui gambar favorit mereka.

Stitch Fix

Contoh video explainer selanjutnya datang dari Stitch Fix. Kini, memiliki seorang stylist bukan lagi impian. Dengan Stitch Fix, Anda bisa mendapatkan stylist yang akan membantu Anda dalam menemukan padu padan yang tepat sesuai dengan selera Anda. Stitch Fix merupakan salah atu inovasi terbaru dalam dunia fashion. Ketika Anda melakukan online shopping, pasti pernah mengalami kejadian ketiak baju atau aksesori yang Anda beli ternyata tidak seia dengan yang Anda harapkan dan tidak pejalan dengan item lain yang Anda miliki.

Stitch hadir dengan terobosan yang berbeda. Stitch Fix akan memberikan referensi gaya yang sesuai dengan profil Anda dan hanya akan mengirimkan item yang sesuai. Caranya cukup mudah. Anda tinggal mendaftarkan diri pada website Stitch Fix. Di sana Anda akan diminta untuk memberikan data personal mengenai style apa saja yang Anda suka, seberapa besar budget Anda, dan ukuran tubuh Anda. Kemudian pihak Stitch Fix akan mengirimkan 5 item sesuai dengan info yang Anda berikan. Oh ya, untuk ini Anda tidak perlu berlangganan jadi bisa langsung menggunakan layanannya.

Setelah barang sampai, Anda pun tidak harus membeli semuanya. Cukup ambil yang menurut Anda sesuai dengan kebutuhan lalu sisanya bisa Anda kembalikan pada pihak Stitch Fix. Tak perlu khawatir dengan biaya pengiriman karena tidak dipungut biaya alias gratis. Anda bisa melihat prosedurnya pada video explainer-nya yang berdurasi hanya 30 detik.

Unroll Me

Dalam videonya yang berdurasi 1 menit 10 detik tersebut, UnrollMe berusaha untuk menunjukkan pada audiensi bahwa mengatur email bukanlah hal yang sangat sulit dan melelahkan. Mungkin Anda juga pernah mengalami ketika email masuk Anda penuh tapi bukan dari orang-orang penting, misalnya seperti berita promosi atau hal-hal yang sebenarnya Anda tidak ingin berlangganan tapi karena suatu hal Anda terpaksa berlangganan sehingga membuat email penuh dan tidak efektif.

UnrollMe memudahkan Anda mengatur email masuk tersebut dengan meringankan langkah-langkah unsubscribe. Jadi, Anda tak perlu meng-unsubsribe satu persatu karena hal ini cukup memakan waktu. Cukup dengan memasang UnrollMe di smartphone Anda, kini Anda bisa bekerja dengan lebih efektif dengan menghemat waktu dan memastikan bahwa daftar inbox Anda tidak dipenuhi oleh email-email yang tidak penting.

Dengan beberapa contoh video explainer di atas, kini anda jadi tahu bahwa video tersebut bisa menjadi alat ampuh untuk mendongkrak penasaran Anda. Seperti yang telah Anda lihat bagaimana penjelasan dalam video tersebut dikemas dalam animasi sederhana yang mudah dipahami namun bisa menyampaikan maksud dari perusahaan. Jika Anda tak ingin ketinggalan dari para pesaing Anda, maka Anda harus bisa memberikan yang berbeda, termasuk tentang bagaimana Anda mengemas strategi marketing Anda.

Nah, apakah Anda tertarik untuk menggunakan video explainer ini? Tak ada salahnya Anda mencoba. Anda bisa membuatnya sendiri maupun meminat bantuan dari jasa pembuat video profesional. Jadi, sudah siap mencoba?

Featured image credit: Gerald (pixabay.com)

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.