Tips Instagram Bisnis Agar Bisnis Anda Semakin Dikenal

Tips Instagram untuk bisnis
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Belakangan ini banyak orang yang mulai berpindah ke akun Instagram Bisnis karena beberapa alasan. Instagram Bisnis itu memangnya tidak sama dengan akun Instagram pada umumnya? Tentu berbeda, bahkan bisa dibilang lebih ampuh untuk mengembangkan bisnis Anda jika berhasil menerapkan tips-tips Instagram Bisnis untuk digital marketing. Kali ini, Penulis.ID sudah mempersiapkan penjelasan lengkap tentang definisi, cara membuat, serta tips Instagram Bisnis yang bisa Anda ikuti sekarang juga. 

 

Apa Itu Instagram Bisnis?

Instagram for Business atau Instagram Bisnis adalah salah satu dari 3 tipe akun Instagram yang bisa dimiliki oleh setiap pengguna. Sesuai dengan namanya, Instagram Bisnis dikhususkan bagi pemilik usaha, brand, organisasi, atau penyedia jasa, namun pembuatan akun Instagram Bisnis sama sekali tidak dipungut biaya. Apa saja fitur yang bisa dinikmati dengan mengaktifkan akun Instagram Bisnis?

Pertama, Anda bisa membagikan kontak atau informasi terkait usaha Anda ke audiens. Kedua, Anda juga bisa melihat data analytics (Instagram Insights) seperti di hari dan jam berapa followers Anda lebih aktif menggunakan Instagram dan berapa jumlah impressions Instagram Anda. 

Ketiga dan yang paling bermanfaat adalah kemudahan untuk membuat dan mengelola advertising atau iklan di Instagram. Tidak hanya itu saja, sebagai pemilik akun Instagram Bisnis, Anda juga memiliki akses untuk berjualan dengan lebih mudah, yaitu dengan menggunakan fitur Instagram Shopping. 

 

Cara Membuat Akun Instagram Bisnis

Di balik semua fitur-fitur menarik yang bisa diakses, ternyata mengubah akun Instagram personal menjadi akun Instagram Bisnis terbukti dapat meningkatkan jumlah followers sekitar 1,46% per bulan. Apalagi ada data yang menunjukkan bahwa 90% pengguna Instagram setidaknya follow satu akun bisnis. Jadi, jika Anda belum berpindah ke Instagram for Business, rasanya ini adalah tanda untuk Anda segera melakukannya. 

Bagaimana cara membuat akun Instagram Bisnis yang baru? Cukup mudah, dan lagi-lagi bebas biaya. Berikut petunjuk lengkapnya:

  • Begitu membuka aplikasi Instagram, klik Create New Account.
  • Buat username dan password untuk akun Instagram Bisnis.
  • Masukkan informasi seperti nomor telepon atau alamat email bisnis.

Jika Anda sebelumnya sudah memiliki akun Instagram personal, begini cara mengubahnya menjadi akun Instagram Bisnis. Tenang saja, followers, following, dan konten di profil Anda tidak akan berubah sama sekali:

  • Tekan menu Settings di pojok kanan atas halaman profil Anda.
  • Pilih Account dan Switch to Professional Account.
  • Pilih kategori bisnis Anda. Lalu, pilih Business.
  • Masukkan informasi seperti nomor telepon atau alamat email bisnis.
  • Hubungkan akun Instagram Anda dengan akun Facebook bisnis Anda.

Selanjutnya, tinggal isi bio dan foto profil Instagram. Buat semenarik dan sependek mungkin, Anda pun bisa menggunakan emoji (jika dirasa pas dengan karakter brand dan target audiens). Selain username, Anda juga harus membuat nama Instagram. Di sini, Anda dapat memasukkan SEO keywords. Misalnya untuk bisnis pakaian, bisa menggunakan keyword “brand pakaian wanita lokal.” Lalu, hal terpenting lainnya adalah jangan lupa untuk memasukkan link ke website atau marketplace di bio profil Anda.

 

Marketing Menggunakan Instagram Bisnis

Tips Instagram untuk bisnis

Image Source: Unsplash

Setelah tahu lebih jauh soal apa itu Instagram Bisnis dan cara membuat akunnya, langkah selanjutnya adalah benar-benar memanfaatkan semua fitur yang ada untuk menjangkau lebih banyak audiens. Di bawah ini, sudah kami jabarkan beberapa tips marketing menggunakan Instagram Bisnis yang akan membuat bisnis Anda semakin dilirik. 

 

  • Temukan Niche dan Aesthetic Brand Anda

Jika berbicara soal Instagram, maka sudah pasti nilai visual yang paling memengaruhi purchase intention audiens. Meng-upload foto produk di depan background putih saja tidak cukup, Anda harus membuat konten yang memainkan warna, layout, dan efek. Pikirkan tema visual dan warna apa yang paling cocok merepresentasikan brand Anda. 

Lalu, rancang branding guidelines yang isinya seperti penggunaan warna (warna-warni vs. monoton), konsep (feminin vs. maskulin), dan masih banyak lagi. Kalau Anda suka membuat konten yang memasukkan teks ke atau infografis ke dalam desain visual, pikirkan juga jenis dan warna font yang dipilih supaya konsisten. 

 

  • Hashtag Adalah Teman Anda

Tidak perlu malu untuk memancing banyak followers lewat pemakaian hashtag. Konten yang memasukkan sekitar 11 hashtag cenderung mendapatkan lebih banyak engagement. Supaya tidak terlihat seperti spamming hashtag, Anda perlu melakukan riset hashtag seperti apa yang tepat digunakan oleh bisnis Anda. 

Posisikan diri sebagai konsumen sebagai cara jualan di Instagram menggunakan hashtag. Contoh, jika Anda merupakan bisnis jus buah, maka bisa memilih #jusbuah, #healthylifestyle, #minumansehat, dan sejenisnya. Usahakan untuk mencampur hashtag populer (jutaan posts) dengan hashtag yang lebih spesifik (kurang dari ratusan posts). 

 

  • Lakukan Content Mix

Mungkin Anda melihat postingan foto mendapatkan lebih banyak likes daripada postingan video. Namun, bukan berarti Anda harus selalu upload konten berbentuk foto, lho. Cara kerja algoritma Instagram adalah menghubungkan konten dengan preferensi audiens. Ada saja audiens yang lebih suka menonton Instagram Stories atau Instagram Reels, jadi Instagram menargetkan konten seperti itu untuk mereka. 

Jika Anda tidak melakukan content mix, alias coba-coba format konten baru, itu artinya Anda kehilangan kesempatan untuk menjangkau audiens lain dengan preferensi yang berbeda. Meski begitu, tetaplah konsisten dengan brand Anda. Jika memang ingin fokus ke konten foto, maka lakukan content mix dengan setiap 2 minggu sekali meng-upload video atau mengadakan Instagram Live. 

 

  • Aktif Menginformasikan Kabar Terbaru

Apa tujuan orang follow akun Instagram Bisnis? Biasanya karena mereka tidak mau ketinggalan informasi terbaru dari brand favorit mereka. Misalnya seperti promo menarik, diskon spesial, atau peluncuran produk baru. Karena itu, buat Instagram Bisnis Anda sebagai tempat untuk berinteraksi dengan konsumen. 

Jika ada produk baru yang akan segera diluncurkan, upload foto teaser dengan caption misterius seperti, “Ada yang baru dari kami, tinggal seminggu lagi!” Dengan begini, audiens juga akan merasa adanya added benefits dengan menekan tombol follow di akun bisnis Anda. Sesekali juga boleh saja melakukan event khusus di Instagram, seperti giveaway, talkshow lewat IGTV, atau kuis menarik. 

 

  • Tidak Mengabaikan Data Analytics dari Instagram

Analytic Instagram

Image Source: Unsplash

Salah satu kelebihan dari pindah ke akun Instagram Bisnis adalah bisa melihat data analytics gratis dari Instagram. Pastikan Anda rutin melihat data-data ini untuk mengevaluasi cara jualan di Instagram yang sudah dilakukan. Untuk melihatnya, tekan tombol Insights di halaman profil Instagram Anda. 

Di sana, lihat konten apa yang paling populer dan berapa banyak followers baru di periode itu. Lihat juga persentase engagement, performa IGTV, dan jumlah views Instagram Stories. Dengan begitu, Anda juga bisa lebih mengenal konten seperti apa yang kira-kira disukai oleh followers. 

 

  • Gunakan Caption yang Menarik

Jika foto atau video bisa mengundang perhatian, maka caption jadi sarana bagi Anda untuk berkomunikasi ke audiens. Hampir semua brands suka menggunakan caption yang panjang dan padat informasi. Caption ini penting karena menjadi space bagi Anda untuk lebih jauh lagi mempromosikan produk atau bisnis Anda. 

Tips yang paling penting adalah untuk selalu mengecek pengejaan supaya tidak ada yang typo dan tulis dalam bentuk paragraf yang pendek supaya lebih enak dibaca. Gunakan caption untuk menuliskan keunggulan dari produk Anda. Caption juga bisa digunakan untuk meningkatkan engagement, misalnya dengan menuliskan pertanyaan atau meminta audiens untuk ikut berdiskusi di kolom komentar. Brand yang target pasarnya adalah anak muda sering menggunakan emoji supaya caption mereka lebih menarik. 

 

Itu dia penjelasan lengkap serta tips-tips Instagram Bisnis yang bisa Anda terapkan. Tips di atas juga sudah kami terapkan untuk membantu klien-klien Penulis.ID dalam meningkatkan jumlah engagement dan followers melalui layanan social media management kami. Pada akhirnya, tips Instagram Bisnis harus dieksekusi dengan perencanaan yang matang. 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.