Strategi Bisnis Online untuk Menambah Pelanggan dan Meningkatkan Sales

buat webinar gratis
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Strategi bisnis online yang bagus adalah strategi yang dapat meningkatkan omset penjualan, meningkatkan brand awareness, dan menambah barisan pelanggan. Namun, semua ini terlihat lebih mudah daripada aslinya. Terlebih bagi bisnis online yang baru memulai kiprahnya atau bisnis online yang tidak memiliki toko fisik. Berikut ini ada beberapa strategi bisnis online dari Penulis.ID yang bisa Anda implementasikan langsung. 

 

Buat website dengan template CMS

Perkembangan bisnis online itu sangat cepat. Supaya bisa unggul dari kompetitor, banyak bisnis online yang membuat promo-promo mingguan. Tentunya promo maupun pilihan produk yang ada dalam bisnis online Anda harus di-update di website. Ini dia keuntungan dari membuat website menggunakan template CMS, yaitu Anda tidak perlu menunggu web developer untuk memperbaharui konten di website. 

Jika Anda tahu dasar penggunaan CMS, Anda bisa melakukannya sendiri dalam beberapa langkah saja, promo pun bisa langsung live. Ada banyak sekali template custom untuk website CMS yang bisa Anda unduh secara gratis atau dengan harga yang murah. Satu lagi, beberapa platform CMS juga menawarkan plugins seperti analytic tools yang akan membantu Anda memaksimalkan online presence dari bisnis Anda. 

 

Gunakan media sosial sebagai pusat layanan pelanggan

Media sosial sebetulnya bukan hanya platform yang bisa dimanfaatkan untuk jual-beli online. Berdasarkan data dari Reuters Events, sekitar 17% dari total pembeli merupakan brand champion, yakni orang-orang yang suka meninggalkan review positif ketika mereka merasa puas dengan brand dan cenderung loyal. Melalui media sosial, Anda bisa menjangkau para brand champions ini sebagai cara meningkatkan omset penjualan. 

Jika melihat profil Instagram beberapa brands di Indonesia, bisa dengan mudah kita lihat bagaimana audiens cenderung bertanya di kolom komentar. Ini adalah kesempatan bagi bisnis online Anda untuk melayani para pembeli dengan menjawab pertanyaan dan membalas komentar mereka dengan sopan. Apabila ada pembeli yang melayangkan keluhan, segera balas dalam waktu kurang dari 60 menit untuk meninggalkan kesan terbaik. 

 

Buat webinar gratis sebagai strategi bisnis online

buat webinar gratis

Image Source: Freepik

Cara ini adalah trik lama dari para pemain B2B, namun terbukti efektif untuk memperluas customer base. Terlebih saat kondisi pandemi menyerang, sebetulnya ini menjadi semacam blessing in disguise bagi para pebisnis untuk membuat live event dengan budget yang lebih ekonomis. Solusinya adalah membuat webinar. Tidak perlu sewa tempat, apalagi pesan nasi kotak sebagai konsumsi. 

Penting sekali untuk membuat webinar dengan topik dan narasumber yang sesuai dengan lini bisnis Anda. Misalnya seperti Wardah, salah satu klien Penulis.ID, yang sering menggelar webinar gratis bertemakan kesehatan kulit. Lalu, sebarkan survey kepada para audiens untuk mengumpulkan data mereka. Penting juga untuk memiliki link registrasi supaya Anda bisa mengidentifikasi mana yang menjadi hot leads. 

 

Lakukan co-marketing bagian dari strategi bisnis online

Bagi bisnis online yang masih “hijau,” tantangan yang harus dihadapi adalah menarik perhatian sebanyak mungkin supaya dapat dikenal publik. Namun, jika Anda tidak memiliki budget melimpah untuk buat iklan di mana-mana, Anda bisa beralih ke strategi co-marketing. Ibarat simbiosis mutualisme, Anda bisa bekerja sama dengan perusahaan lain untuk saling mendapatkan keuntungan. 

Contoh yang paling umum seperti paket bundling Cetaphil (brand skincare) dengan Jacqueline Beaute (brand aksesoris kosmetik). Walau keduanya bergerak di industri yang sama, tetapi kedua brand ini bukanlah direct competitor dan berhasil melakukan co-marketing dengan mengeluarkan paket bundling produk sabun cuci wajah dengan sikat pembersih wajah.

 

Gunakan ad extension

Apa itu ad extension? Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membuat ad Anda di mesin pencarian seperti Google dan Bing terlihat lebih lebar. Menariknya, ad extension ini gratis digunakan. Jadi, apa saja manfaatnya? Mari kita lihat contoh Google Ads Penulis.ID di bawah ini.

contoh iklan penulis

Tidak terlihat seperti iklan pada umumnya di Google, bukan? Ketika ada user yang tengah mencari “content marketing,” mereka akan melihat iklan Penulis.ID dan layanan-layanan lainnya yang tersedia, seperti social media management, YouTube dan influencer management, serta pembuatan artikel. 

Tentunya ini juga memperluas cakupan iklan Penulis.ID, sehingga peluang iklan ini untuk membantu user pun semakin besar. Terakhir, user juga tidak perlu repot klik berkali-kali, tinggal klik saja link layanan yang diinginkan secara langsung dari iklan yang ditampilkan. 

 

Publikasikan testimoni pelanggan adalah strategi bisnis online terbaik

Manakah yang lebih Anda percaya, brand yang mengatakan mereka punya produk pembersih terbaik atau teman yang merekomendasikan produk A yang bisa membersihkan segala noda membandel? Tentu saja Anda akan lebih percaya dengan teman Anda. Inilah mengapa penting sekali bagi bisnis online untuk mempublikasikan testimoni pelanggan di website maupun media sosial. 

Jika ada calon pembeli yang masih ragu, mereka akan jadi lebih yakin ketika melihat banyaknya ulasan positif dari pembeli lainnya. Untuk di website, Anda bisa menampilkan testimoni pelanggan di homepage. Jika bisnis online Anda tersedia di online marketplace, Anda bisa chat langsung para pembeli untuk memberikan rating bintang 5 dan ulasan positif. Lebih baik lagi jika Anda bisa memberikan “upah” seperti diskon untuk pembelian selanjutnya bagi pembeli yang memberikan rating dan ulasan bagus.

 

Tekankan CTA untuk mempermudah pembelian produk

Tentukan CTA

Image Source: Freepik

Banyaknya kompetitor di bisnis online membuat Anda harus memutar otak untuk mencari cara meningkatkan omset penjualan. Namun, ternyata Anda juga harus memikirkan cara agar bisnis Anda tidak kehilangan pendapatan hanya karena proses checkout yang bertele-tele. Menurut data dari Baymard Institute, setidaknya 69,57% barang di keranjang belanja tidak jadi dibeli oleh customer. Itu berjumlah sama dengan total uang yang gagal masuk ke kas bisnis Anda! 

Karena itu, permudah navigasi di website Anda supaya pembeli bisa dengan cepat mengakses produk dan membayarnya saat checkout. Tidak usah pakai kata-kata yang rumit, Anda bisa menuliskan “Beli Produk” atau “Pembayaran” supaya pembeli tidak lagi bingung. Untuk platform e-commerce, tambahkan link untuk pilihan warna dan tipe produk di deskripsi supaya pembeli tidak perlu menuliskan keterangan saat checkout. 

 

Pakai foto produk terbaik

Jika Anda ingin bisnis online Anda berkembang, maka Anda harus berani untuk berinvestasi pada jasa fotografer produk yang berpengalaman. Sengitnya persaingan bisnis membuat Anda harus lebih gencar menarik perhatian dan kepercayaan calon pembeli. 

Misalnya di bisnis makanan rumahan, pembeli akan lebih tertarik membeli salad buah yang ditata sedemikian rupa dan difoto dengan pencahayaan terang alami ketimbang salad buah yang difoto di ruang tamu dengan lampu putih seadanya. Ini juga berlaku untuk berbagai jenis bisnis, mulai dari bisnis pakaian, kecantikan, sampai perabotan rumah tangga. 

 

Terapkan strategi harga berjenjang

Inilah salah satu strategi terbaik untuk memperluas customer base bisnis online. Bila Anda ingin lebih banyak pelanggan, maka Anda bisa menawarkan lebih banyak produk yang bisa menarik lebih dari satu segmentasi pasar. Strategi yang juga disebut tiered pricing ini paling sering ditemui di tempat makan. 

Dari sekian banyaknya menu, Anda akan menemukan menu dari harga terendah, menengah, sampai tertinggi. Contoh lainnya juga bisa dilihat di bisnis retail, seperti brand laptop yang menawarkan pilihan produk mulai dari Rp3 juta sampai Rp20 juta ke atas. Dengan begitu, bisnis bisa meminimalisir profit loss yang disebabkan oleh harga produk yang terlalu mahal. 

 

Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan agency

Merintis bisnis online itu sulit, apalagi bila dilakukan sendirian. Wajar saja jika ada yang merasa kewalahan. Jangan terlalu memaksakan diri, hal terpenting adalah Anda bisa mengurus operasional bisnis sehari-hari. Sisanya seperti strategi pemasaran bisa Anda serahkan ke agency. 

Dengan biaya yang lebih rendah ketimbang mempekerjakan karyawan full time, Anda bisa berkonsultasi dengan tim agency yang sudah berpengalaman merancang dan menjalankan strategi pemasaran yang efektif. Kuncinya, pilih agency yang menawarkan layanan serta pricing yang paling sesuai dengan bisnis Anda. Tidak lupa juga untuk melihat track record agency tersebut.

 

Penulis.ID merupakan content marketing agency yang sudah membantu banyak brand dari berbagai sektor industri, mulai dari bisnis kecil sampai brand besar, untuk menerapkan strategi bisnis online yang tepat sasaran. Semoga informasi soal strategi bisnis online dari kami bisa membantu Anda! 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.