Instagram untuk Bisnis: Kenapa Anda Harus Punya

Kejutkan dengan quick reply
Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail

Fakta bahwa Instagram menjadi salah satu alat digital marketing yang paling ampuh di era 2020-an ini sudah diketahui banyak orang, mungkin Anda juga setuju dengan pernyataan ini. Di tahun 2021 saja, ada 87,8 juta pengguna Instagram di Indonesia. Itu berarti ada 87,8 juta orang yang bisa Anda pancing untuk menjadi pelanggan di bisnis Anda. 

Itulah kegunaan utama dari akun Instagram untuk bisnis, sebuah inovasi dari Instagram yang bisa membantu para pengusaha. Berbeda dengan akun Instagram pada umumnya, akun Instagram untuk bisnis punya fitur dan fungsi menarik yang bisa Anda manfaatkan secara gratis. Berikut ini rangkumannya dari Penulis.ID.

 

Bisnis Terlihat Lebih Profesional

Ada tiga perbedaan utama antara profil Instagram yang biasa dengan profil Instagram for Business. Pertama, profil bisnis di Instagram akan menampilkan jenis industri dari brand tersebut, seperti Product/Service atau Restaurant. Kedua, profil bisnis di Instagram dapat memasukkan alamat lengkap yang bila diklik, audiens akan langsung dialihkan ke aplikasi Google Maps. 

Ketiga dan yang paling penting, adanya berbagai tombol baru yang sebelumnya tidak ada di profil Instagram reguler. Jika Anda melihat di profil Instagram Penulis.ID, kita punya tombol “Contact” yang memudahkan Anda untuk menghubungi kami via telepon maupun email. Sangat profesional, ya? Selebihnya, Anda juga bisa melihat profil Instagram Frank & co. yang memiliki tambahan tombol “View Shop” di mana Anda bisa langsung berbelanja lewat Instagram. 

 

Bisa Memasukkan Link di Instagram Stories

Pasti Anda sering melihat caption bertuliskan “link in bio.” Ini dikarenakan Instagram tidak memperbolehkan penggunanya untuk memasukkan link dalam postingan. Namun, bagi akun bisnis Instagram yang memiliki minimal 10 ribu followers, mereka bisa memasukkan link ke dalam Instagram Stories lewat fitur “swipe up to see more.” 

Dengan cara ini, tentunya memudahkan Anda untuk berjualan di Instagram. Misalnya, Anda sedang menunjukkan tutorial memakai produk yang Anda jual lewat Instagram Stories. Tanpa perlu repot, call to action yang bisa diberikan adalah cukup memberitahu audiens untuk swipe up jika ingin membeli produk tersebut. Nantinya, Anda bisa memasukkan landing page ke produk tersebut, yang nantinya juga bisa meningkatkan traffic ke landing page tersebut. Hebatnya lagi, Instagram Stories bisa Anda simpan dalam bentuk Highlights. 

 

Targetkan Iklan ke Audiens yang Tepat

Audiens yang tepat

Image Source: Freepik

Mengingat Instagram menjadi anak perusahaan dari Facebook, tidak heran kalau fitur iklan di Instagram juga sama hebatnya seperti Facebook. Di sini, Anda perlu menghubungkan profil bisnis di Instagram dengan profil bisnis di Facebook. Anda bisa memiliki target iklan berdasarkan beberapa komponen, seperti:

  • Lokasi — atur agar iklan bisa menjangkau audiens di satu kota sampai satu negara.
  • Preferensi — arahkan iklan di Instagram untuk menjangkau audiens yang memiliki ketertarikan yang sama dengan brand Anda, atau yang sudah mengikuti kompetitor Anda. 
  • Jejak digital — iklan bisa ditargetkan ke pengguna Instagram yang sudah pernah mengunjungi website Anda, namun tidak melakukan pembelian.
  • Demografis — iklan dapat menjangkau audiens yang sesuai dengan target pelanggan Anda, mulai dari umur, jenis kelamin, sampai domisili. 

Anda juga tidak perlu selalu membuat konten khusus untuk iklan karena Instagram memudahkan profil bisnis untuk “promote” konten yang sudah ada menjadi iklan. 

 

Jadwalkan Postingan Instagram

Kira-kira ini adalah fitur tercanggih dari profil bisnis di Instagram yang jarang diketahui orang. Dengan menggunakan aplikasi tambahan, Anda bisa menjadwalkan postingan Instagram. Jadi, jika Anda ingin upload konten baru di Instagram pada hari Minggu siang, Anda sudah bisa mempersiapkan dan menjadwalkan konten tersebut di hari Jumat. 

Untuk menikmati fitur ini, Anda bisa menggunakan aplikasi seperti Hootsuite, Facebook’s Creator Studio, dan Mobile Monkey. Cara menggunakannya sangat mudah, cukup pilih foto/video yang ingin di-upload, lalu tuliskan caption yang diinginkan. Kemudian, atur tanggal dan jam kapan konten ingin di-upload secara otomatis. 

 

Akses ke Data Analytics Instagram

Bukan hanya dari jumlah followers atau likes saja, Anda bisa mengetahui seberapa jauh performa dari strategi marketing di Instagram dengan mengandalkan data analytics. Data ini bisa Anda lihat secara gratis, asalkan sudah mengaktifkan profil bisnis di Instagram. Data ini akan berubah setiap minggu dan membantu Anda melihat seberapa aktif followers Anda dalam melihat profil bisnis Anda. 

Dengan visual grafik yang mudah dipahami, Anda performa dari konten yang di-upload di minggu itu, aktivitas followers, serta insights lainnya. Jika Anda mengaktifkan fitur iklan di Instagram, data analytics ini akan sangat berguna untuk melihat berapa banyak pengguna Instagram yang dijangkau oleh iklan tersebut. Intinya, analytics Instagram adalah alat mutakhir bagi Anda untuk merancang strategi digital marketing yang lebih efektif. 

 

Instagram Untuk Bisnis: Berjualan Lewat Foto

Masih ingat dengan tombol “View Shop” yang tadi sempat disinggung sedikit? Itu adalah salah satu fitur tambahan Instagram Shopping yang eksklusif diberikan untuk profil Instagram for Business. Di dalam toko virtual ini, Anda bisa memasukkan katalog barang dan harganya yang disambungkan ke link website.

Selain lewat tombol “View Shop,” Anda juga bisa berjualan di Instagram secara langsung lewat foto yang di upload ke feeds. Contohnya seperti pada postingan Onycha.id ini yang tag langsung produk pakaian yang dikenakan oleh model, supaya audiens bisa langsung klik dan beli di website. Sebanyak 46% pengguna melakukan pembelian setelah melihat konten menarik di Instagram. Jadi, audiens tidak perlu lagi keluar dari aplikasi Instagram dan masuk ke website untuk membeli produk yang sama. 

 

Nikmati Fitur “Quick Reply” di Instagram Untuk Bisnis

Kejutkan dengan quick reply

Image Source: Freepik

Kecepatan membalas pembeli di DM Instagram menjadi salah satu penilaian seberapa baik kualitas pelayanan sebuah toko. Sementara lonjakan pembeli di marketplace online jatuh di pukul 11-1 siang. Pastinya merepotkan bila harus membalas satu per satu, tidak mengurangi kemungkinan bisnis Anda bisa kehilangan prospek pembeli. 

Karenanya, salah satu keuntungan dari memiliki profil bisnis di Instagram adalah bisa menggunakan fitur quick reply. Kira-kira seperti fitur autotext yang langsung membalas pesan DM yang masuk dengan balasan yang sudah Anda buat sebelumnya. Tentunya ini akan memotong banyak waktu supaya bisa membalas DM lainnya yang masuk. 

Cara membuatnya cukup sederhana, langsung saja atur di Settings > Business > Saved Replies. Lalu, klik ikon (+) untuk menambah shortcut balasan. Misalnya, salah satu FAQs di bisnis Anda adalah pricelist produk. Maka, Anda bisa membuat shortcut “pricelist” dengan balasan seperti, “Halo, terima kasih sudah menghubungi kami! Pricelist kami dimulai dari harga Rp50.000-Rp250.000. Ada yang bisa kami bantu?”

 

Cara Mengaktifkan Akun Bisnis Instagram

Jadi, bagaimana caranya mengaktifkan akun khusus bisnis di Instagram? Tidak butuh waktu lama, bahkan hanya perlu 5 menit saja. Satu lagi yang paling utama, biayanya gratis! Syaratnya hanya satu, Anda harus terlebih dahulu memiliki akun Instagram reguler yang public, alias tidak dibuat private. Sekarang, mari ikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka profil Instagram Anda, lalu klik ikon 3 garis di bagian kanan atas.
  2. Pilih Settings > Account.
  3. Lalu, pilih opsi Switch to Professional Account.
  4. Pilih kategori lini bisnis Anda.
  5. Masukkan nomor telepon, email, dan alamat bisnis Anda. Ingat, informasi ini akan terpampang jelas di profil Instagram Anda.
  6. Hubungkan profil Instagram Anda dengan Facebook Page milik bisnis Anda, lalu klik Next.
  7. Ikuti panduan langkah selanjutnya dari Instagram untuk melengkapi profil bisnis Anda di Instagram. 

 

Bagaimana? Tertarik untuk mengaktifkan akun Instagram untuk bisnis sekarang? Tidak ada kata terlambat, walaupun selama ini bisnis Anda masih menggunakan akun Instagram reguler, berarti ini momen sempurna untuk mengubahnya menjadi akun bisnis. Penulis.ID bisa membantu Anda dalam produksi konten Instagram yang engaging dan attention-grabbing. Siap untuk mengembangkan akun Instagram untuk bisnis bersama Penulis.ID? 

Facebooktwitterredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika and I’m currently living in Jakarta. I'm one of the Penulis.ID shareholders.