Jujur Saja, Topik-Topik Ini Adalah Topik yang Sering Dibaca Anak Muda

7361636130_b1a7799976_b
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Website Anda sepi pengunjung? Mungkin artikel yang Anda tampilkan di website Anda kurang cocok dengan produk yang Anda tawarkan. Bisa jadi, topik yang Anda tampilkan kurang diminati oleh target pemasaran Anda.

Bila topik yang dipilih untuk artikel website Anda disamaratakan untuk semua jenjang usia, itu berarti Anda mengambil langkah yang salah. Tidak heran bila ternyata website Anda memiliki pengunjung yang sedikit.

Kita mungkin bisa memprediksi artikel dengan topik apa saja yang paling diminati oleh masyarakat pada umumnya. Berita terbaru atau mungkin skandal politik sering kali laris manis bak kacang goreng di lingkungan masyarakat pada umumnya. Namun berbeda dengan anak muda. ABG, sebutan anak muda masa kini, punya kecenderungan yang berbeda dengan masyarakat umum.

“Berita terbaru atau mungkin skandal politik sering kali laris manis bak kacang goreng di lingkungan masyarakat pada umumnya. Namun berbeda dengan anak muda.”

Anak muda masa kini, apalagi diiringi dengan kemajuan teknologi yang jauh berbeda bila dibandingkan dengan teknologi 10 tahun lalu, lebih menyukai hal-hal baru yang bisa dipamerkan. Itu kenapa media sosial seperti Facebook dan Twitter bisa berkembang pesat. Hal ini tidak jauh dari peran media sosial sebagai “media pamer” bagi anak-anak muda masa kini.

Berkaitan dengan latar belakang tersebut, untuk menaikkan minat baca anak muda jaman sekarang, ada baiknya jika kita mempelajari topik apa kiranya yang sering dibaca anak muda. Nah, apabila perusahaan Anda menargetkan anak muda, silahkan lanjut untuk mempelajari artikel ini sampai habis. Langsung saja kita bahas satu per satu topik-topik apa yang sering dibaca oleh anak muda.

Hiburan (Film, Musik, Konser)

3580277912_3e5aabbe27_z

[Photo Credit: Senor Velasco]

Topik satu ini adalah topik yang sangat digemari oleh para remaja saat ini. Topik-topik yang bernuansa hiburan, baik itu tentang film, musik, atau bahkan konser menjadi bahan share anak muda ketika mereka ingin update status sosial media mereka. Sangat sering kita menemukan hal-hal bersifat hiburan yang di-share ke medsos milik anak muda.

Seperti yang kita tahu, anak muda saat ini sangat lekat dengan sosial media. Sifat mereka yang selalu ingin update berita terbaru membuat mereka ingin sharing hal-hal yang mereka anggap bisa membuat diri mereka bangga karena jadi yang nomor satu yang tahu akan hal tersebut. Oleh karena itu, topik-topik hiburan setidaknya sangat penting untuk dimasukkan dalam website Anda.

Berikut ini adalah beberapa sub topik yang bisa Anda terapkan untuk setiap topik:

Film

5519593312_7343e34331_z

[Photo Credit: Sweetie187]

Anda bisa menggunakan sub topik tentang review sebuah film, atau mungkin update terbaru mengenai film yang paling menarik yang bakal tayang di kemudian hari.

Musik

Untuk topik musik, Anda bisa memasukkan sub topik mengenai review album terbaru misalnya, atau mungkin musisi-musisi yang sedang naik daun.

Konser

3350879166_1275f7ec8e_z

[Photo Credit: Kmeron]

Hampir sama seperti musik, Anda hanya harus memberikan update terbaru tentang konser yang akan diselenggarakan nanti. Lebih menarik lagi apabila Anda mencantumkan harga tiket konser yang Anda maksud.

Namun, jangan Anda anggap semua berita hiburan bisa Anda masukkan. Perhatikan juga update terbaru anak muda masa kini. Paling tidak, usahakan untuk selalu mengikuti perkembangan selebriti masa kini. Meskipun pada dasarnya Anda tidak suka dengan salah satu selebriti yang sedang ramai diperbincangkan saat ini misalnya (boyband atau girlband mungkin), cobalah untuk menurunkan ego Anda dengan menuliskan sesuatu tentang selebriti tersebut.

Gosip

38351363_5c8732377c_z

[Photo Credit: ercwttmn]

Siapa bilang gosip hanya untuk ibu-ibu rumah tangga yang sedang belanja sayur di depan rumah? Anak muda justru sangat tertarik dengan gosip-gosip terbaru yang sedang beredar saat ini. Namun, berbeda dengan gosip untuk ibu-ibu, gossip untuk anak muda cenderung tentang artis-artis Hollywood. Gosip yang mereka kehendaki bisa dibilang sedikit lebih “berkelas” dibanding dengan gosip yang beredar dikalangan ibu-ibu.

Katakanlah gosip-gosip seperti berita pernikahan Johnny Depp dengan artis Hollywood muda, atau mungkin berita tentang perubahan jenis kelamin Bruce Jenner yang kini telah berganti nama menjadi Caitlyn Jenner. Gosip-gosip seperti inilah yang jadi perhatian utama anak muda jaman sekarang. Secara sekilas mungkin berita-berita tersebut mirip dengan gosip-gosip ibu-ibu belanja sayur, namun sentuhan artis Hollywood-nya itu yang bikin anak muda suka dengan hal tersebut.

Game

2490674642_9a30631045_z

[Photo Credit: włodi]

Anak muda, khususnya laki-laki, sangat menyukai game. Tidak ada seharipun terlewatkan tanpa setidaknya membicarakan tentang sebuah game. Remaja lelaki bahkan cenderung ingin selalu pamer dengan game miliknya.

Celah ini juga bisa Anda jadikan patokan untuk membuat artikel. Hampir mirip seperti membuat artikel dengan topik film, Anda cukup memberikan review tentang game yang Anda bahas. Jangan lupa untuk memberikan informasi dimana pembaca bisa membeli game tersebut lengkap dengan kisaran harganya.

Sedikit catatan, untuk membuat sebuah artikel bertopik game, Anda harus menentukan penulis yang tepat untuk hal ini. Pasalnya, penulis berita game yang kurang suka bermain game akan menghilangkan esensi dan jiwa artikel tersebut. Artikel yang Anda buat akan kurang memberikan daya tarik kepada para pembaca muda yang suka dengan game.

Hal-Hal Galau dan Percintaan

5142820021_891be4c66b_z

[Photo Credit: Incase]

Bila game sering menghipnotis para remaja lelaki, lain halnya dengan remaja perempuan. Para remaja perempuan cenderung menyukai hal-hal yang sedikit galau dengan bumbu-bumbu cinta di sekelilingnya. Tidak jarang, remaja perempuan akan langsung membagikan artikel yang mereka rasa sama persis dengan kehidupan mereka saat ini.

Tak perlu sulit mencari contoh untuk artikel ini. Apabila Anda menemukan artikel dengan judul seperti “Surat Untuk Calon Suamiku yang Jauh Disana” atau mirip-mirip seperti itu, itulah artikel yang saya maksud. Artikel-artikel seperti ini sangat sering mampir di timeline sosial media anak muda.

Untuk membuat artikel seperti ini, Anda hanya harus membiarkan imajinasi Anda yang bermain. Pengalaman cinta Anda berperan penting untuk membuat artikel ini. Bayangkan Anda adalah anak muda galau yang sedang dimabuk cinta. Sedikit curhat juga tidak masalah selama masih dalam bahasan yang sama.

Teknologi

8371683905_179382affc_z

[Photo Credit: miniyo73]

Kemajuan teknologi, baik itu gadget maupun aplikasinya, sangat menarik perhatian anak muda. Teknologi yang unik dan menarik atau mungkin tipe-tipe smartphone terbaru adalah salah satu hal yang membuat golongan pembaca muda menghentikan kursornya dan mengklik artikel tersebut. Entah untuk alasan ingin tahu teknologi yang sedang berkembang atau hanya ingin menambah topik pembicaraan antar kelompok, yang pasti anak muda selalu menyempatkan diri untuk membaca berita tentang teknologi terbaru.

Apa yang dibahas? Anda bisa mulai membahas tentang review gadget terbaru, atau mungkin hanya rumor dari merk-merk gadget ternama seperti Google Android dan Apple (atau Microsoft, yang kadang kurang menarik namun sering dijadikan bahan perbandingan). Seperti game, berita dengan topik teknologi juga penting untuk ditambahkan harga maupun spesifikasi dari gadget yang Anda bahas.

Olahraga

10373593623_0f57221641_z

[Photo Credit: faungg’s photos]

Masih ingat ketika Anda masih muda dan suka membaca koran? Kemungkinan besar yang Anda nikmati terlebih dahulu adalah bagian olahraga. Bagian ini adalah bagian yang paling menyenangkan, apalagi bila sedang membahas tim kesayangan saya atau pertandingan sepak bola yang baru saja berlangsung. Berita lain di koran seakan Anda lewati untuk mendahulukan berita olahraga tersebut.

Sama halnya dengan anak muda jaman sekarang. Mereka juga suka dengan berita-berita olahraga masa kini. Hasil pertandingan dan bahkan rumor terbaru seputar transfer pemain misalnya, lebih menarik untuk Anda jadikan “magnet” untuk anak muda jaman sekarang.

 

Itulah tadi beberapa topik yang sewajarnya digemari oleh anak-anak muda jaman sekarang. Segeralah ganti topik Anda yang kiranya tidak cocok dengan topik yang telah disebutkan di atas. Jadi, tunggu apa lagi. Cepatlah bertindak sebelum para pembaca pergi dari website Anda.

 

featured image by chiesADIbeinasco

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Ricza Try Wicaksono

Project Manager at Penulis.ID
Adventurer and Project Manager of Penulis ID

Latest posts by Ricza Try Wicaksono (see all)