Cara Mengoptimalkan SEO Lokal

teknik-seo-lokal
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Di era digital dimana segalanya bergantung pada internet seperti hari ini, banyak pelaku bisnis kemudian berlomba-lomba mengusahakan bisnisnya untuk bisa duduk di peringkat atas dalam optimisasi mesin pencari (search engine optimization – SEO), seperti Google. Sayangnya, kesempatan tersebut semakin sulit tiap harinya. Setiap satu pelaku usaha tidak hanya harus bersaing dengan kompetitor bisnis yang memiliki tujuan yang sama, tetapi juga harus bersaing dengan iklan-iklan berbayar. Anda setidaknya harus bersaing dengan empat (atau lebih) iklan sebelum akhirnya calon pelanggan menemukan website bisnis Anda pada hasil pencarian otomatis.

Walaupun begitu, Anda tidak perlu terlalu khawatir dan berputus asa karena berpikir website milik Anda tidak akan ditemukan oleh siapa pun. Memprioritaskan pencarian lokal adalah salah satu strategi bisnis terbaik yang bisa Anda lakukan, bahkan ketika Anda tidak memiliki anggaran yang besar untuk membayar iklan. Google pun memberikan bobot lebih pada hasil pencarian jika lokasi pengguna internet dan bisnis Anda masih dalam satu lokasi, apalagi jika website milik Anda memiliki banyak review positif. Review adalah elemen penting yang membuat calon pelanggan lainnya tertarik untuk ikut mengklik website milik Anda. Namun, hasil pencarian menggunakan teknik SEO lokal biasanya mengalami perubahan hasil lebih cepat dibanding menggunakan SEO pada umumnya. Oleh sebab itu, apa sih yang sebenarnya harus dilakukan untuk mengoptimalkan SEO lokal?

 

Google My Business

Google My Business adalah sebuah tool gratis yang diberikan oleh Google untuk mengelola profil bisnis, produk, atau sebuah organisasi secara online. Google My Business tersinkronisasi dengan Gmail, oleh sebab itu, Anda bisa langsung masuk dan mendaftarkan bisnis Anda di Google My Business jika sudah memiliki Gmail. Google My Business akan meminta data lengkap seputar bisnis Anda, seperti: nama bisnis, negara tempat bisnis tersebut berada, alamat jalan, kota, provinsi, dsb. Yang harus diperhatikan, Anda harus mengisi kolom deskripsi dengan pendeksripsian yang unik dan menarik. Jika Anda mau menambahkan link web bisnis Anda, pastikan bahwa tautan yang Anda masukkan sudah benar. Begitu pula dengan nomor telepon, alamat, dan jam buka-tutup. Setelah itu, pilih kategori yang tepat untuk menggambarkan bisnis Anda. Jangan karena bisnis Anda ingin dilihat oleh semua orang, maka Anda mengkategorikan bisnis Anda terlalu luas. Jika Anda menggeluti industri fashion, pilihlah kategori fashion. Jika Anda menggeluti bisnis kuliner, pilihlah kategori kuliner. Terakhir, jangan lupa untuk mengunggah foto-foto berkualitas terbaik yang berkaitan untuk mendukung kegiatan promosi.

 

teknik-seo-lokal

Teknik SEO Lokal sangatlah penting (Photo Credit: Joe)

NAP (Name, Address, Phone Number)

Dikutip dari Search Engine Land, masalah utama atas tidak optimalnya kinerja SEO local dikarenakan oleh citation/NAP yang tidak konsisten (41%). Maka, konsistensi adalah kunci. Anda harus pastikan kalau tiga elemen ini berada pada seluruh website milik Anda, bahkan di setiap halaman. Selain itu, Anda juga harus mencantumkan informasi atau format yang sama persis seperti yang ada di website ketika Anda menyebutkan alamat bisnis Anda di website lain. Untuk menyeragamkan NAP bisnis, Anda juga bisa menggunakan bantuan Schema.org.

 

Local Reviews

Sudah sedikit disinggung di atas bahwa ulasan, kesan, pesan, dan komentar orang-orang yang pernah berkunjung atau menggunakan jasa bisnis Anda memiliki efek langsung terhadap peringkat pencarian lokal. Oleh sebab itu, local reviews adalah elemen penting yang harus diperhatikan. Tidak hanya menitikberatkan pada Google reviews (sekalipun sampai saat ini Google reviews merupakan yang paling berpengaruh), Anda juga bisa fokus untuk mendapatkan ulasan di halaman Yelp (biasa digunakan oleh Apple Maps). Selain itu, mulailah dengan membuat halaman khusus dalam website­ bisnis Anda yang berisi penjelasan mengenai bagaimana para pelanggan dapat memberikan review. Jika Anda baru merintis bisnis dan belum banyak yang memberi ulasan, obalah untuk memintanya kepada pelanggan-pelanggan terdekat Anda. Atau, Anda bisa juga memberikan insentif berupa diskon atau hadiah kecil bagi mereka yang telah memberikan ulasan. Percaya atau tidak, local reviews adalah cara yang paling efektif dalam meningkatkan popularitas bisnis Anda.

 

Local link building and citations

Membangun sebuah local link dan citations juga tidak kalah penting, walaupun cara ini masih kalah populer jika dibandingkan ketiga cara sebelumnya. Berbeda dengan teknik SEO secara umum, teknik lokal SEO lebih mengandalkan link dari website lokal bisnis lainnya yang relevan dengan bisnis yang Anda miliki. Ini berarti, direktori lokal adalah sumber yang berguna untuk membangun link, terutama saat membuat sebuah citations.

Citations tidak perlu saling terkait antara satu dengan yang lainnya asalkan hal tersebut konsisten dengan NAP bisnis. Anda juga bisa menggunakan tool seperti Bright Local untuk memeriksa setiap citations yang ada dan memperbaruinya sehingga semuanya konsisten. Selain itu, Bright Local juga berfungsi sebagai alat pelacak citations pesaingmu dan menambahkan citations milik Anda ke website tersebut.

 

Judul dan deskripsi

Tahun lalu, Google memperlebar area hasil pencarian utama menjadi 600px. Hal ini membuat panjang tag judul yang dapat diterima menjadi ±50-60 karakter, sementara tag deskripsi menjadi sekitar 160-200 karakter. Untuk itu, manfaatkan dan gunakanlah area ini dengan bijak. Pastikan Anda telah memeriksa ulang apakah judul dan deskripsi bisnis tidak cacat dalam hasil pencarian. Anggap saja judul dan deskripsi dalam area hasil pencarian utama sebagai “iklan mini” yang perlu Anda kerjakan dengan kreatif dan hati-hati.

Kelima cara di atas hanyalah sebagian kecil dari bahasan yang bisa diulas ketika membahas tentang SEO lokal. Walaupun demikan, menerapkan kelima cara pencarian lokal di atas akan memberi Anda hasil yang lebih baik. Yuk langsung praktekkan!

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Adhika Dwi Pramudita

Hey there. My name is Adhika Dwi and I’m currently living in Jakarta. Now I work as Business Development Director at Penulis.ID, digital content agency.

Latest posts by Adhika Dwi Pramudita (see all)