6 Tipe Foto Instagram Online Shop yang Laku

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Sosial media memang sudah menjadi alternatif hiburan bagi para kaum millennial. Tidak hanya menghibur, sosial media seakan menjadi kebutuhan primer bagi masyarakat modern. Hal tersebut terbukti dengan jumlah pengguna aktif media sosial yang kian bertambah setiap tahunnya. Melansir data terakhir statista.com,  pada tahun 2016 tercatat pengguna sosial media berjumlah 2,34 miliyar dan jumlah tersebut juga diperkirakan akan terus bertambah hingga angka 2,95 miliyar pengguna aktif pada tahun 2020.

Dari data tersebut, jumlah pengguna sosial media tertinggi berasal dari Facebook, Instagram dan Twitter. Melansir data milik adweek.com, pengguna facebook pada tahun 2015 berjumlah sebanyak 1,59 miliyar pengguna aktif, instagram sebanyak 400 juta dan twitter sebanyak 320 juta pengguna aktif.

Tidak hanya memiliki peran penting dalam gaya hidup masyrakat millennial, penggunaan sosial media saat ini juga memiliki peran penting dalam pemasaran bisnis. Salah satunya dengan menggunakan Instagram. Jika digunakan dengan tepat, Instagram dapat menjadi sebuah wadah iklan visual dan highly targeted untuk brand bisnis Anda. Beberapa klien tim social media Penulis.ID juga sangat memfokuskan pemasaran pada Instagram.

Menurut sebuah penelitian terbaru, Instagram memudahkan pemasaran brand sebesar 25% lebih banyak dibandingkan dengan platform sosial media lainnya. Hal itu memiliki arti bahwa Instagram merupakan wadah utama untuk membangun bisnis Anda. Saat ini dimana visual content merupakan bagian yang penting dalam segala strategis pemasaran bisnis. Instagram hadir sebagai kesempatan unik untuk memperkenalkan brand Anda secara visual dan akan tetap terus teringat di dalam pikiran para penggunanya yang sering mengunjungi instagram setiap hari.

Apakah Anda ingin instagram Anda dapat mewakili brand dan meningkatkan penjualan bisnis Anda? Menarik perhatian target audiens Anda dalam instagram bermula pada pendekatan yang direncanakan secara baik melalui visual yang Anda tawarkan.  Foto terbaik yang dapat menyukseskan penjualan melalui dunia maya adalah foto yang unik dan juga berkualitas tinggi. Namun, bagaimana mendapatkan foto yang unik dan menarik di halaman instagram bisnis Anda? Penulis.id merangkum beberapa contoh foto instagram yang dapat meningkatkan penjualan Anda di dunia maya:

Foto dengan Resolusi Tinggi

Mengambil foto produk dengan kualitas tinggi sudah seharusnya menjadi sebuah prioritas tinggi bagi setiap toko online. Foto dengan kualitas visual yang tinggi dapat menarik perhatian para pembeli potensial. Pembeli yang potensial merupakan faktor penting dalam penjualan melalui instagram.  Posting foto pada halaman instagram Anda dengan kualitas tinggi. Foto yang dihasilkan oleh smartphone memang  cocok untuk mengabadikan momen secara langsung dan instan, namun Anda dapat mempertimbangkan jasa fotografer professional untuk membantu Anda mengambil foto produk dengan kualitas tinggi.

Photo Credit: Social Media Examiner

Gunakan Foto dengan Pencahayaan Sempurna

Mengambil gambar produk ketika matahari sedang bersinar dengan terangnya tentu dapat menghasilkan gambar yang bagus dan terang. Hal tersebut menjadi penting ketika Anda ingin mengunggah foto produk dari brand Anda di halaman Instagram. Pencahayaan yang tepat dapat membantu Anda untuk memunculkan detail pada foto produk Anda. Foto yang diambil dengan pencahayaan yang buruk biasanya menghasilkan gambar yang tidak mendetail dan buram.

Karena cahaya matahari tidak dapat Anda manfaatkan setiap waktu, agar Anda mendapatkan hasil gambar dengan pencahayaan yang tepat biasanya Anda membutuhkan sebanyak dua buah sumber cahaya /lighting. Pencahayaan akan semakin sempurna jika Anda padukan dengan latar belakang atau background pada produk Anda dengan warna solid seperti hitam/putih atau pada foto tertentu dapat menggunakan beberapa aksesoris tambahan guna memberikan kesan yang menarik.

Photo Credit: Big Commerce

Pilih Filter Ciri Khas pada Foto Instagram

Salah satu cara termudah untuk membuat instagram feeds online shop Anda terlihat lebih estetik adalah dengan menemukan filter yang tepat dan tetap dengan filter tersebut. Namun, bukan berarti Anda harus terus menggunakan satu filter saja, hal tersebut digunakan untuk lebih mengarahkan Anda agar membatasi diri Anda dari beberapa filter lain yang serupa.

Photo Credit: Social Media Examiner

 

Photo Credit: Social Media Examiner

Ketika memilih filter, pikirkan tentang perasaan seperti apa yang ingin Anda munculkan ketika seseorang sedang mengunjungi halaman instagram Anda. Apakah Klasik? Vintage? Dark dan misterius ? Atau bright dan ceria? Filter yang tepat dapat membantu Anda untuk menangkap beberapa mood yang ingin Anda sampaikan dalam postingan Anda.

Menentukan Tema

Mengatur sebuah tema atau gaya dalam instagram feeds Anda dapat membantu Anda dalam proses pengambilan gambar dan element yang ingin Anda tampilkan. Melansir dari craftsposure.com, Penulis.id menemukan beberapa tema yang sering digunakan oleh para instagrammers:

Minimalis

Akun @canarygrey menggunakan pendekatan minimalis pada foto-fotonya. Warna putih mendominasi feednya, mulai dari pencahayaan yang terang dan juga tepi yang tegas.

Photo Credit: Craft Sposure

Gelap dan moody

Sedangkan pada akun @ameliemancini Ia menampilkan keindahan fotonya dengan sisi gelap dan beberapa item handmade di dalam instagramnya.

Photo Credit: Craft Sposure 

Pastel

Pada akun @cestmaria Ia cenderung menggunakan background dengan warna terang dan minimalis sebagai element utama di dalam Instagram feedsnya.

Photo Credit: Craft Sposure

Pop Style dari Warna Pink dan Biru

Dalam akun @noellekramer Ia menggunakan bayangan-bayangan berwarna pink dan biru serta keindahan matahari terbenam pada sebagian besar gambarnya. Hasilnya? Sebuah Feeds yang indah, konsisten dan cantik, bukan?

Photo Credit: Craft Sposure

Dalam memilih tema, Anda dapat dengan bebas mengikuti tema apapun yang Anda inginkan. Hal yang terpenting adalah untuk tetap konsisten pada tema tersebut.

Munculkan Identitas Visual Brand Anda

Aset dari suatu brand seperti fonts, warna, dan logo merupakan perlengkapan penting untuk membuat brand Anda dikenal dan diingat oleh calon pembeli Anda. Gunakan aset-aset tersebut secara konsisten, sehingga followers Anda dapat dengan mudah mengenal postingan Anda di dalam feeds.

Dalam akun Freshii, mereka secara efektif melibatkan logo brand mereka ke dalam postingan instagramnya. Ketika mereka tidak sedang menonjolkan logo dari brandnya, mereka cukup sering untuk memunculkan beberapa hal yang berkaitan dengan brand nya.

Photo Credit: Social Media Examiner

Sementara pada akun instagram milik Cadbury, terlihat sekali bahwa mereka sering menghadirkan warna ikonik brand mereka yakni ungu. Tidak hanya untuk menguatkan identitas brand mereka, namun juga membuat feeds mereka terlihat konsisten dalam segi estetika.

Photo Credit: Social Media Examiner

Gunakan Konten How-To

Selain menggunakan filter, terdapat pula cara menarik lain untuk meningkatkan penjualan online shop Anda. Sebagai contoh, Anda dapat menggunakan Photo Collages, dengan ini Anda dapat menampilkan beberapa foto ke dalam satu postingan. Hal tersebut karena Photo collage secara visual terlihat dinamis dan sangat berguna untuk meningkatkan visual content marketing.

Dalam akun Benefit yang menawarkan berbagai jenis produk make up, sering mengunggah foto dengan photo collages di dalam instagramnya. Pemilihan photo collage juga baik digunakan ketika Anda ingin menampilkan panduan step-by-step dari produk-produk tertentu. Jangan lupa untuk menambahkan nomor, huruf dan bahkan logo Anda dalam foto tersebut.

Photo Credit: Social Media Examiner

Selain kumpulan foto, video juga merupakan salah satu konten visual marketing yang penting. Tahukah Anda bahwa followers yang menonton video Anda 85% cenderung lebih ingin membeli produk tersebut? Dan pada tahun 2019, telah diprediksikan bahwa 80% dari Internet Traffic akan terdiri dari video.

Saat ini Instagram telah hadir dengan fitur Stories yang dapat membantu Anda membagikan 3 hingga 60 detik video. Dengan fitur tersebut, jangan lupa untuk menambahkan konten video ke dalam Instagram feeds Anda.

Dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa terdapat beberapa cara yang dapat Anda lakukan guna meningkatkan penjualan online shop Anda. Salah satu yang perlu Anda perhatikan adalah konsistensi dalam menentukan dan menerapkan identitas brand Anda. Semoga beberapa contoh foto Instagram online shop di atas dapat membantu Anda.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Nisrina Darnila

Junior Writer Penulis.ID

Latest posts by Nisrina Darnila (see all)