10 Cara Menambah View Video di Instagram untuk Pemula

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Salah satu hal yang penting dari membuat followers agar bisa lebih lama berada di akun Instagram adalah membuat video yang menarik. Di dalam artikel kali ini tim Penulis.ID akan membahas bagaimana sih followers Anda bisa betah di Instagram Anda dan tentunya view-nya semakin naik.

 

Jangan asal post video di Instagram, edit terlebih dahulu di komputer

Hal pertama yang harus Anda ketahui adalah jangan asal post video di Instagram. Anda harus melakukan quality control, apakah sebuah video ini layak masuk ke dalam Instagram Anda. Misalnya Anda mempunyai bisnis laundry sepatu dan ingin me-upload video di Instagram tentang suasana toko terkini. Jika Anda sudah percaya diri dengan hasil video Anda yang direkam menggunakan smartphone, Anda bisa melihat ulang di komputer.

Ketika Anda sudah melihat hasil video di komputer, Anda akan melihat bagaimana perbedaan yang cukup besar antara kualitas video di smartphone dan juga komputer. Agar video lebih bagus Anda bisa mengedit melalui komputer, tambahkan video sequence, efek suara, ataupun efek lainnya. Dengan begini ketika semua orang yang melihat video di Instagram yang Anda buat tidak akan kecewa dengan kualitasnya.

 

Gunakan hashtag yang pas

Apakah meletakkan hashtag di dalam video ini juga berguna? Jawabannya iya, karena hashtag di dalam Instagram ini bekerja di posting biasa maupun video. Walaupun begitu, Anda tidak bisa sembarangan dalam memilih hashtag di dalam Instagram video. Anda harus memilih hashtag yang tidak terlalu populer tetapi memiliki engagement yang kuat.

Misalnya bisnis Anda adalah laundry sepatu, Anda harus menghindari hashtag populer seperti #cleaningshoes ataupun #shoeslaundry. Walaupun hashtag tersebut sangat banyak diminati orang, kemungkinan kecil orang akan datang dari hashtag tersebut. Jadi lebih baik Anda menggunakan hashtag yang lebih spesifik, misalnya #cleaningshoesjakarta #jakartashoes #laundrysepatujakarta.

 

Post di waktu yang pas

Later.com menjelaskan walaupun algoritme dari Instagram ini berbeda-beda setiap tahunnya, Anda tetap bisa melakukan post dan bakal keluar saat itu juga di timeline para followers Anda. Nah untuk melihat seberapa akurat waktu post paling pas, Anda bisa membuka insight di profil Anda. Sebelum Anda bisa membuka insight, Anda harus mengubah profil Instagram Anda ke business account. Di sana memang tidak terlihat waktu yang pas untuk posting, tetapi akan muncul hari apa saja followers Anda sering membuka Instagram.

Setelah itu Anda bisa melakukan eksperimen kapan waktu yang pas. Pertama post video di Instagram pada saat jam makan siang, sekitar pukul 11 siang sampai jam 1. Kemudian di sore hari ketika orang beristirahat, yaitu sekitar pukul 3 sampai 5 sore. Dan terakhir ketika orang akan tidur malam, yaitu pukul 7 malam sampai 10 malam. Coba mix jam tersebut dan lihat mana saja     waktu yang pas untuk Anda post video.

 

Behind the scene

Setelah Anda rutin me-upload video yang ada di Instagram, sekarang saatnya Anda upload sesuatu yang berbeda, yaitu behind the scene. Behind the scene sekarang menjadi salah satu video yang diminati banyak orang, karena lebih humanity dan bakal lebih mendekatkan pelanggan dengan bisnis Anda. Misalnya Anda bisa upload video ketika karyawan Anda sedang beristirahat atau ketika sedang mengerjakan sesuatu. Dengan begini semua pelanggan Anda tahu bahwa di balik bisnis terdapat orang-orang yang hebat dan sekumpulan anak muda yang ceria.

 

Promosikan di Instagram Stories

Ketika pertama kali keluar pada tahun 2016 kemarin, Instagram Stories menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang lebih nyaman menggunakan Instagram. Bagaimana tidak, setelah keluar pada Agustus 2016 kemarin jumlah pengguna Instagram sekarang naik dua kali lipat menjadi 1 miliar pengguna. Apalagi sekarang banyak sekali orang yang membuka Instagram hanya untuk melihat Stories.

Nah dari alasan di atas, Anda wajib memanfaatkan Instagram Stories untuk melakukan promosi video di Instagram Anda. Anda bisa mengambil cuplikan sekitar 5-8 detik video, agar semua orang penasaran dengan video tersebut. Jika memang followers Instagram Anda lebih dari 10 ribu, Anda bisa menambahkan link di bawah Instagram Stories.

 

Gunakan call to action di caption

Selanjutnya hal yang tidak kalah pentingnya adalah menggunakan call to action di dalam caption. Ini sangat berguna untuk Anda yang menginginkan views di dalam video bertambah, karena engagement di dalam post tersebut akan bertambah. Jadi misalnya Anda melakukan share video tentang behind the scene bagaimana sepatu ini dicuci sampai bersih. Nah di dalam caption, Anda bisa menulis sesuatu yang mengajak untuk berkomentar. Berikut contohnya:

“Video apa lagi yang ingin kalian tonton?” atau “Yuk video mana lagi yang ingin kamu tonton?”.

 

Iklan

Cara selanjutnya yang bakal menjadi salah satu yang paling ampuh adalah gunakan iklan untuk mempromosikan video di Instagram Anda. Cara ini memang sangat praktis untuk mendongkrak jumlah views, tetapi tidak akan stagnan dan juga bakal timpang dengan video yang lain. Lalu bagaimana agar iklan di video Anda ini bisa powerful dan bisa berefek di video selanjutnya?

Pertama Anda bisa melakukan iklan di video yang mempunyai kualitas terbaik, jadi orang yang melihat iklan Anda akan tertarik melihat profil Anda. Kedua gunakan caption iklan yang baik, sehingga mereka akan tertarik komentar atau setidaknya memberikan likes.

 

Interaksi dengan pengguna Instagram lain

Yup cara selanjutnya ini sangat sederhana tetapi banyak dilupakan orang. Anda bisa mendapatkan tambahan views video hanya dengan berinteraksi dengan pengguna Instagram lain. Misalnya Anda sedang mencari sebuah hashtag yang sama dengan lini bisnis Anda, budayakan untuk sekadar memberikan likes ataupun memberikan komentar.

 

Gunakan konsep video yang berbeda-beda

Bagaimana jika poin-poin di atas sudah Anda lakukan tetapi ternyata views video Anda tidak bertambah? Berarti ada yang salah dengan konsep video Anda. Tidak semua video yang ada di Instagram ini menarik dan cocok diaplikasikan di akun Anda. Misalnya konsep video Anda lucu, lalu ketika diterapkan ternyata tidak terlalu mengena di followers Anda. Jadi jangan ragu untuk mengubah konsep video dengan lebih baik.

Cara ini akan membutuhkan waktu yang cukup lama, tetapi jika Anda sudah menemukan konsep video yang bagus, tentu itu sebuah keuntungan bagi Anda.

 

Share di semua media sosial

Cara terakhir yang bisa Anda lakukan adalah share post video Anda ke semua media sosial. Ini akan menjadi hal kunci jika akun Instagram Anda tidak mempunyai banyak followers dan Anda tidak mempunyai bujet yang pas untuk beriklan. Dengan share ke media sosial Anda, maka engagement video di Instagram Anda akan naik.

 

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menaikkan jumlah views video yang ada di Instagram. Konsisten melakukan post dan mulai menggunakan satu per satu cara di atas, suatu saat Anda akan mendapatkan jumlah views yang tinggi. Cara ini telah dilakukan oleh tim Penulis.ID untuk klien-klien kami.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith. Head editor at Penulis.ID