Tips Mengenali Blogger yang Bagus

blogger-google
facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail

Ada banyak sekali cara mencari uang di internet, salah satunya adalah dengan menjadi blogger. Blogger yang mempunyai pengunjung lumayan banyak bisa mendapatkan iklan ataupun sekedar menuliskan review sebuah produk atau jasa. Sedangkan untuk Anda yang bukan blogger, tentunya bisa memanfaatkan jasa para blogger yang sudah terkenal ini. Anda bisa memanfaatkan blogger tersebut untuk mempromosikan bisnis, perusahaan atau jasa Anda.

Tetapi yang menjadi masalah sekarang ini adalah blogger sudah tidak semarak dahulu. Pada tahun 2010an, media sosial muncul mulai dari Facebook, Twitter, Instagram sampai sekarang Path. Para blogger yang dulunya senang menuliskan tulisan yang panjang lebih memilih menuliskan kata-kata yang sedikit di media sosial. Lalu bagaimana cara mendapatkan blogger atau mengenali blogger yang bagus?

blogger-google

Photo credit: techcruch.com

Blogger sudah menjadi mitos?

Salah satu yang muncul ketika Anda mencari seorang blogger adalah apakah blogger itu masih ada? Apakah blogger ini sudah menjadi sebuah mitos? Fenomena menjadi seorang blogger memang sudah menurun sejak tahun 2010an, terutama sejak pamor media sosial meninggi. Tetapi bukan berarti bahwa mencari blogger itu sulit atau blogger itu sudah tinggal mitos.

Ada salah satu keuntungan ketika jumlah blogger semakin menurun dan pamor blogger sudah tidak sebagus dahulu. Anda justru semakin mudah menemukan blogger dengan kualitas yang bagus. Di dalam sebuah blog yang bagus tidak hanya sekedar mempunyai tulisan yang bagus, tetapi juga bagaimana konsistensi mengunggah sebuah tulisan. Jika Anda sekarang masih menemukan seorang blogger, hampir dapat dipastikan blogger tersebut mempunyai konsistensi yang bagus dalam mengunggah tulisan. Sekarang tinggal apakah kualitas tulisan, jenis blog dan traffic ini cocok dengan keinginan Anda.

Ikut ke dalam komunitas

Mencari seorang blogger yang bagus adalah dengan ikut di dalam komunitas. Walaupun sekarang komunitas blogger sudah tidak banyak seperti dahulu, tetapi Anda masih bisa menemukan komunitas blogger ini di media sosial seperti Facebook dan Twitter.

Ketika Anda ingin mencari sebuah blogger yang berkualitas, salah satu caranya adalah mengunjungi tempat bernaungnya atau bertanya dengan yang mempunyai kapasitas. Nah di dalam komunitas blogger ini, Anda akan disuguhi mungkin ratusan blogger yang masih aktif dalam membuat tulisan, ditambah mungkin Anda juga menemukan blogger dengan traffic yang cukup bagus. Jadi cara pertama bagi Anda untuk menemukan blogger yang berkualitas adalah ikut ke dalam komunitas.

Mudah mendapatkan statistik blog

Jika dulu ada Alexa Rank untuk mengetahui apakah blog tersebut mempunyai traffic yang bagus atau tidak, sekarang bisa dilakukan sangat mudah. Sekarang hampir semua website pasti akan memasang Google Analytics dan di sana akan terekam semua traffic yang masuk ke dalam website. Jadi Anda tidak perlu ragu ketika menanyakan bagaimana sebuah traffic website, apakah traffic tersebut bagus atau tidak. Ketika sang blogger tersebut memberikan detail traffic, tentu Anda akan mengetahui apakah blogger tersebut adalah yang Anda cari.

Sebagai informasi tambahan, untuk mendapatkan kualitas blogger yang bagus adalah dengan cara melihat apakah traffic yang masuk ini didominasi dari organic atau direct traffic. Jika sebuah website ini mempunyai traffic organic yang bagus, maka ada kemungkinan kualitas tulisannya berfokus pada SEO yang baik. Tetapi jika direct traffic lebih dominan, maka ada kemungkinan blog ini mempunyai tingkat kepopuleran yang bagus dan basis follower yang setia. Jadi Anda tinggal memilih sesuai dengan kebutuhan Anda.

media-998990_960_720

Photo credit: pixabay.com

Cek media sosialnya

Cara selanjutnya adalah cek media sosial sang blogger. Ketika Anda bekerja sama dengan seorang blogger, pastikan bahwa media sosial blogger tersebut aktif dan mempunyai followers yang cukup banyak. Karena sekarang sudah zamannya media sosial, dan untuk mempromosikan sebuah tulisan pasti dilakukan di media sosial. Jadi ketika Anda sudah melihat apakah traffic dari blogger tersebut sudah bagus, Anda sekarang tinggal memilih apakah blogger tersebut mempunyai akun media sosial dengan follower yang cukup tinggi.

Media sosial adalah cara yang sangat bagus untuk mempromosikan tulisan di sebuah blog. Hampir semua blogger akan memanfaatkan akun media sosial masing-masing untuk membagikan tulisan. Biasanya jika seorang blogger ini pintar, dirinya akan membuat caption yang sedikit unik dan kontroversial untuk memancing bagaimana reaksi dari followers.

Anda harus tahu Domain Authority dan Page Authority

Selanjutnya kita akan belajar apa itu domain authority (DA) dan page authority (PA). DA dan PA ini adalah algoritma untuk menentukan apakah sebuah blog bagus atau tidak. Ini akan erat berkaitan dengan search engine optimizer (SEO), yang nantinya artikel di dalam sebuah blog akan bisa dikunjungi oleh ratusan atau bahkan ribuan orang setiap bulannya.

DA adalah ukuran kekuatan dari sebuah nama domain yang menjadi salah satu faktor peringkat di dalam mesin pencari. Ada beberapa kategori yang mempengaruhi bagus tidaknya DA-nya. Pertama adalah usia dari sebuah domain tersebut, popularitas dan ukuran sebuah domain tersebut. Usia dari sebuah domain akan erat hubungannya dengan “kepercayaan” algoritma mesin pencari. Kemudian popularitas sebuah domain dilihat dari banyaknya inbound link atau link yang masuk ke dalam blog tersebut. Selanjutnya ada ukuran domain, apakah ada link-link yang memang cocok ketika masuk di dalam inbound link.

content

Photo credit: thebluediamondgallery.com

Selanjutnya kita akan membahas page authority (PA). PA sendiri bisa dlihat dari konten, link antar halaman dan kualitas gambar. Tentu konten di dalam sebuah blog harus menarik, unik, relevan dan berisi ketika dibaca. Karena sebuah konten akan sangat menentukan apakah sebuah blog ini bagus di dalam sebuah SEO. Selanjutnya ada link antar halaman, apakah blogger memasang halaman yang tidak berkaitan dengan halaman lain? Dan terakhir adalah kualitas gambar. Blogger harus mempunyai kualitas gambar yang bagus, mulai dari ukuran, kualitas gambar sampai alt image dan sebagainya. Jika blogger tersebut dapat mempunyai nilai DA dan PA secara bagus, mungkin Anda bisa mempertimbangkan untuk bekerja sama dengan mereka.

Itulah beberapa hal yang perlu Anda catat untuk mencari seorang blogger yang berkualitas. Tidak hanya mereka mempunyai kualitas konten yang bagus, mereka juga harus konsisten. Setelah itu mereka harus mempunyai media sosial dengan follower yang cukup bagus.

facebooktwittergoogle_plusredditpinterestlinkedinmail
The following two tabs change content below.

Dior Asning Kosyu

Wordsmith