Kapan waktu terbaik untuk mengirim email marketing? Apa saja tips email marketing yang berguna? Semua akan dibahas di artikel ini!
Berbicara soal marketing, sebagian besar orang mungkin sudah pernah memikirkan hal ini, kira-kira kapan waktu terbaik untuk mengirimkan email marketing? Adakah waktu khusus yang bisa memberikan dampak yang sangat besar seperti postingan di sosial media? Jawaban sebenarnya adalah, tidak ada waktu yang benar-benar tepat untuk mengirim e-mail. Mengapa? Hal tersebut terjadi karena memang banyak faktor yang harus Anda perhatikan dalam mengirim e-mail marketing.
Memang banyak beberapa perusahaan yang berhasil menggunakan metode tertentu dalam mengirim email marketing. Tapi belum tentu juga metode tersebut akan berhasil digunakan di perusahaan Anda. Lalu, kira-kira apa saja tips email marketing yang bisa dilakukan untuk meningkatkan pemasaran? Berikut tips email marketing yang efektif dari tim profesional Penulis.ID.
Pemilihan Waktu Terbaik Pengiriman Email
Memang, meskipun kini sosial media sebagai platform paling ampuh untuk pemasaran, tetapi tidak menutup kemungkinan kalau email masih menjadi sebuah media utama untuk berkomunikasi dan mendapatkan banyak feedback dari pelanggan. Namun, sebelum Anda memulai menjalankan email marketing, ada tips email markeitng yang efektif antara lain:
- Hari yang Tepat untuk Mengirim Email
Menurut hasil penelitian getresponse.com, ditunjukan kalau Hari Senin menempati angka paling rendah sebagai hari yang tepat untuk mengirim email, sedangkan Hari Kamis menempati posisi paling tertinggi sebagai hari di mana orang-orang membuka email.
Namun, bukan berarti ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk semua perusahaan atau bisnis. Karena bisa saja kalau misalnya di perusahaan A Hari Senin merupakan waktu gajian, maka hasilnya kemungkinan pada hari ini akan ada lonjakkan angka untuk melihat email. Contoh lainnya, di Industri hiburan, bisa saja Hari Jumat yang menempati angka tertinggi, karena orang-orang di industri tersebut akan mulai merencanakan akhir pekan mereka.
Segmentasi industri dan jenis organisasi memang bisa dijadikan sebagai salah satu penentu kapan hari yang tepat untuk mengirim email. Nah, khusus untuk mengetahui hari apa yang tepat, mungkin tips email marketing yang bisa Anda lakukan adalah dengan cara mencari tahu aktifitas mingguan atau bulanan para pengikut email Anda. Cara mengetahuinya bisa dilakukan dengan cara melakukan penelitian kecil-kecilan atau survey untuk mengetahui rutinitas pelanggan Anda dalam satu bulan.
- Waktu yang Tepat Mengirim Email dalam Satu Hari
Langkah selanjutnya dalam tips email marketing khususnya dalam hari terbaik kapan harus mengirim email, kini muncul pertanyaan kira-kira kapan waktu yang tepat dalam satu hari tersebut? Apakah setiap orang membuka atau membaca emailnya di waktu yang sama pada saat pagi hari dalam satu hari? Atau mungkin sore hari? Hal ini juga menjadi penting untuk diketahui agar Anda bisa memutuskan kapan waktu yang tepat untuk mengirimkan email marketing agar Anda mendapatkan hasil yang paling maksimal.
Menurut penelitian yang dilakukan oleh getresponse lainnya menunjukkan kalau sebagian besar email akan dibaca pada hari yang sama ketika dikirim. Bahkan dalam penelitian tersebut hasil terbaiknya dikatakan ketika 60 menit email tersebut terkirim atau sekitar 23,6% -nya terbuka.
Setelah memasuki waktu 24 jam, kemungkinan besar email Anda dibuka mendekati nol persen. Jadi, dapat disimpulkan kalau waktu yang tepat untuk mengirim email ialah bersamaan dengan kebiasaan seseorang tersebut membuka email.
Menurut hasil analisis Mailchimp tentang email marketing juga menemukan hal yang sama. Menurut mailchimp, email yang dibuka akan mencapai waktu puncak setelah pukul 14.00. Namun, tips email marketing satu ini adalah kirimlah email tersebut di waktu penerima/pelanggan Anda sedang tidak sibuk dengan kegiatan lainnya,
Setelah mengetahui kapan waktu terbaik untuk mengirim email, bukan berarti tips email marketing sampai di situ saja. Jika Anda ingin pelanggan Anda menantikan email Anda, pertimbangkan pula untuk menulis email dengan sikap yang lebih seperti Anda ingin mengirim email ke teman Anda.
Seseorang tentu tahu, suka, dan mempercayai teman Anda,kan? Oleh karena itu, cobalah membuat tampilan email perusahaan Anda dengan suara yang penuh percakapan dan juga hormat. Agar bisa mencapai hal itu, ikuti dulu 8 peraturan penting dalam tips email marketing berikut ini:
Aturan Penting untuk Email Marketing
- Berhenti Berbicara mengenai Maksud dari poin adalah dalam email marketing Anda berhenti berbicara tentang subscriber Anda. Tulislah dalam email tersebut kalau Anda hanya mengirim email untuk satu orang saja. Hal ini secara otomatis bisa membantu Anda untuk membuat email terasa lebih pribadi atau personal.
- Berhenti Membuang Waktu Orang. Kirimlah email yang benar-benar berharga atau berguna untuk dikatakan kepada pelanggan Anda tersebut. Jangan sampai email yang Anda kirim justru membuat mereka merasa terganggu karena berisi hal-hal yang kurang berguna.
- Jadilah Berguna. Hampir sama dengan poin sebelumnya, jangan sampai Anda mengirim email karena Anda sedang membutuhkan satu hal dari pembaca Anda. Pastikan isi email yang Anda kirim berbobot dan berguna. Bersikaplah ramah dan jadikan pelanggan Anda tersebut sebagai teman sejati Anda.
- Gunakan Nama Anda yang Sebenarnya dari Email Anda. Agar lebih personal, Anda bisa meletakkan nama dan jabatan Anda di dalam email tersebut.
- Don’t be creepy. Jangan ragu untuk mempersonalisasikan email Anda, tapi pastikan Anda tidak terlalu sering mengulang nama orang, karena hal ini bisa membuat pelanggan Anda sedang berhadapan dengan call center script.
- Berada di Pihak Mereka. Ingatkan pada pelanggan Anda kalau mereka tidak sendiri. Katakan pada mereka kalau Anda memahami apa yang sedang mereka perjuangkan. Berempatilah dengan mereka dan tanyakan apa yang bisa Anda bantu dalam email tersebut
- Memberikan ‘Hadiah’ untuk Pembaca. Hadiah yang dimaksudkan dalam poin ini bukanlah hadiah secara harfiah, bisa saja iya dan bisa saja tidak. Namun secara sederhananya, langkah yang bisa lakukan adalah dengan memastikan para pelanggan Anda tersebut mendapatkan sebuah keuntungan setelah membaca email Anda. Jadikan mereka merasa lebih baik dan jadilah inspirasi mereka.
Cara Agar Email Marketing Anda Dibuka
Sebagian besar kotak masuk email tentu berisi penuh dengan email yang tidak menarik dan membosankan, benar? Email marketing yang Anda kirimkan bisa saja tenggelam dengan email lainnya dan bahkan lebih buruknya adalah masuk ke dalam kotak spam. Ketika mengirim email, baris pada subjek email harus mampu menarik perhatian, sama seperti sebuah headlines.
Oleh karena itulah ada langkah atau tips lain yang harus dilakukan agar email yang dikirimkan oleh Anda menonjol dan cukup menarik untuk membuat email Anda dibuka oleh para pelanggan. Apa saja? Berikut tips email marketing lainnya agar email Anda segera dibuka oleh para pelanggan:
- Janjikan Sesuatu yang baik. Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah dengan menjanjikan sesuatu yang baik pada mereka. Pastikan orang yang akan membaca email marketing Anda tersebut mengetahui dan mempelajari secara pasti apa atau bagaimana Anda bisa membuat mereka lebih bahagia, lebih tahu, dan bahkan lebih baik dalam bisnis.
Ketika Anda sudah melengkapi email Anda dengan hal ini, sudah pasti mata para pelanggan Anda akan gatal dan membuat mereka ingin segera membaca lebih banyak.
- Gunakan powerful words. Pemilihan kata-kata juga dapat memberikan pengaruh yang luar biasa. Kata-kata seperti sensori dan emosional bisa menarik perhatian dan membuat garis subjek Anda terlihat mencolok di antara email lain yang memenuhi kotak masuk pelanggan Anda.
- Munculkan rasa penasaran. Jangan sesekali takut untuk menggunakan kata-kata yang cukup aneh untuk didengar dan buat mereka . Anda bisa memberi sedikit informasi di dalam informasi lain. Berikan sedikit permainan kata yang membuat pembaca Anda penasaran hingga akhirnya mereka pun akan membuka email yang sudah Anda kirim.
- Belajarlah dari para ahli. Cobalah untuk berlangganan dengan email list yang sangat bagus dan analisalah baris-baris subjek yang mereka gunakan. Kegiatan ini bisa dijadikan sebagai tempat pembelajaran Anda untuk menemuka subjek seperti apa yang digunakan oleh para ahli.
- Berhenti mengikut data statistik tanpa arti seperti garis panjang subjek yang optimal. Bangun hubungan yang sebenarnya sehingga pembaca sudah mengatisipasi email Anda dan membukanya karena mereka ingat dengan nama Anda bahkan ketika subjek yang Anda gunakan tidak begitu bagus.
Demikianlah beberapa tips email marketing yang bisa Anda gunakan untuk mendapatkan hasil yang lebih optimal. Meskipun terdengar kuno, email marketing memiliki beberapa alasan yang bisa dijadikan sebagai pertimbangan Anda untuk tetap menggunakannya. Alasan tersebut antara lain, email merupakan cara mudah untuk mendapatkan konsumen, email merupakan platform yang tepat untuk menyampaikan informasi ke konsumen, dan pastinya email marketing masih terbilang sangat murah.
Selain murah, email juga sangat mudah untuk masuk ke dalam pasar mobile, mengingat kini sudah sebagian besar orang di dunia ini menggunakan smartphone dan tentunya ketika melakukan registrasi hal yang dibutuhkan pertama kali adalah email. Bahkan dari beberapa alasan ini saja Anda sudah bisa menarik kesimpulan kalau email marketing bisa membantu Anda mengubah atau meningkatkan cara berjualan Anda. Email masih sangat berguna dan memberikan hasil yang sangat efektif.
Ketika ada pelanggan yang sudah memilih masuk ke dalam daftar email subscribers Anda, itu merupakan pertanda yang sangat bagus. Oleh karena itulah Anda harus bersyukur dan berusaha agar mereka tidak berubah pikiran. Tetaplah berhati-hati jangan sampai kepercayaan tersebut terbuang sia-sia karena Anda mengirim email marketing yang tidak jelas dan bahkan tidak memiliki manfaat sama sekali.
Nah, bagaimana? Apakah dari tips email marketing yang efektif di atas sudah ada yang pernah Anda coba sebelumnya? Selain mencobanya sendiri, Anda pun dipersilakan untuk menggunakan jasa content marketing agency untuk membantu mempraktikkannya. Semoga menginspirasi!
Nisrina Darnila
Latest posts by Nisrina Darnila (see all)
- 10 Tips Instagram Shopping Untuk Pemula - December 31, 2018
- Hindari 10 Kesalahan Ini Saat Marketing di Facebook - December 28, 2018
- 12 Instagram Tools Gratis yang Bisa Anda Gunakan - December 26, 2018